18 Bulan Dirancang, Apple Akhirnya Membatalkan Proyek AirPower

iPhone SE-2 warna merah jambu atau pink.
Sumber :
  • www.theverge.com

VIVA – Apple telah membatalkan pembuatan wireless charger AirPower. Perusahaan itu beralasan bahwa produk tersebut tidak akan memenuhi standar tinggi.

"Setelah banyak upaya, kami memutuskan AirPower tidak akan memenuhi standar tinggi kami dan kami membatalkan proyeknya," kata SVP of Hardware Engineering Apple, Dan Riccio dilansir laman The Verge, Minggu, 31 Maret 2019.

Dia tak lupa meminta maaf kepada publik yang telah menunggu peluncuran AirPower. Namun dia percaya pada masa depan wireless charger dan pihaknya berkomitmen mendorong pengalaman dari produk itu ke depannya.

Produk AirPower ini diumumkan pertama kali pada event iPhone X pada September 2017. Saat itu pihak perusahaan mengatakan, wireless chargeng menjadi salah satu fitur baru untuk iPhone X.

Sejumlah janji dilontarkan Apple untuk AirPower. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengisi daya baterai tiga perangkat sekaligus, yakni Apple Watch, headphone AirPod dan iPhone. Apple juga akan memproduksi teknologi unik yang memungkinkan charger bekerja tanpa harus menemukan spot khusus pengisian baterai.

Sejak saat itu, sejumlah kabar menyelimuti AirPower, mulai dari tantangan teknis hingga isu overheating, khususnya pada desain multi-coil. Apple sempat menyatakan akan mulai menjual produk tersebut pada 2018, namun 18 bulan kemudian setelah dirancang tak ada kabar apapun mengenai kelanjutan AirPower. (mus)