Periksa Kehamilan? Lebih Gampang Pakai Aplikasi Bidan Sehati

Aplikasi Sehati TeleCTG
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Era teknologi diharap bisa mengatasi kendala yang dihadapi terutama di dunia kesehatan. Yang paling krusial saat ini adalah menghindari kematian ibu dan bayi baru lahir. 

Terbatasnya akses terhadap informasi kesehatan, keterjangkauan tenaga ahli kesehatan yang membantu proses kehamilan, serta alat medis yang memadai, menjadi faktor yang menyebabkan kasus angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) masih terus menjadi permasalahan di Indonesia. 

Padahal, 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan fase emas yang dapat membentuk generasi yang lebih baik dan berkualitas. 

Mengacu pada data Profil Kesehatan Indonesia tahun 2017, diperkirakan ada sekitar 5,3 juta ibu hamil di Indonesia. Namun hanya terdapat 6.387 dokter spesialis kandungan yang menangani dan 60 persennya berada di Pulau Jawa.

Melihat kondisi tersebut, Sehati TeleCTG, sebuah perusahaan inovasi kesehatan berbasis teknologi, hadir untuk mewujudkan upaya pemerataan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil di berbagai daerah di Indonesia.

“Menjalankan peran sebagai seorang ibu di usia yang relatif muda dan lahir dari seorang dokter kandungan senior, membuat saya memiliki obsesi untuk membangun manusia yang berkualitas.” ujar Anda Waluyo Sapardan, Co Founder dan Chief Operating Officer Sehati TeleCTG, dalam keterangannya, Sabtu, 6 April 2019.

Dijelaskannya, aplikasi Sehati TeleCTG memiliki ekosistem mandiri yang dilakukan secara simultan melalui aplikasi Bidan Sehati. Aplikasi yang diperuntukkan bagi Bidan membantu menjalankan tugas mereka melalui input data yang mudah, layaknya buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang sudah terdigitalisasi, sehingga meringankan tugas administrasi Bidan. 

Berbagai fitur dalam aplikasi Bidan Sehati memudahkan upaya pencegahan kesakitan dan kematian ibu dan bayi melalui deteksi dini faktor risiko tinggi pada ibu hamil dan akses ke alat medis TeleCTG. 

Alat medis ini memungkinkan bidan untuk memantau kesejahteraan janin dan berkonsultasi jarak jauh dengan dokter spesialis di Consultation Center.

Anda juga menambahkan mengenai program komunitas Bidan Sehati, yaitu komunitas berbasis online pertama untuk meningkatkan quality of life bidan melalui serangkaian program terpadu yang meliputi tiga aspek yaitu pemberdayaan, peningkatan kompetensi profesi dan peningkatan kemampuan penunjang bidan. 

Salah satu langkah nyata yang dilakukan oleh Bidan Sehati adalah program kelas online demi terwujudnya bidan yang berkualitas. 

Aplikasi Sehati TeleCTG sudah dapat diunduh di Play Store.