Kamera Lumix S1 dan S1R Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Panasonic Lumix S Series.
Sumber :
  • newatlas.com

VIVA – Saat ini kamera mirrorless masih menjadi tren dalam penjualan kamera digital di Indonesia. Kamera ini tidak memiliki cermin dan jendela bidik optik seperti kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex), namun kualitas gambarnya setara karena sensor gambar yang digunakan besarnya sama.

Perkembangan teknologi dan fitur dalam kamera mirrorless dinilai semakin memanjakan pecinta fotografi dan videografi. Oleh karena itu, Panasonic menghadirkan Lumix S1 dan S1R, di mana kedua kamera ini ditargetkan secara khusus bagi para fotografer dan videografer profesional.

Audio Visual Marketing Group Manager Panasonic Gobel Indonesia, Agung Ariefiandi, mengklaim bahwa teknologi yang disematkan dalam dua perangkatnya itu merupakan yang tertinggi saat ini di pasaran.

"Kami menilai pasar mirrorless lebih menjanjikan daripada DSLR. Pertumbuhan kamera Lumix Panasonic setiap tahunnya sudah di atas double digits atau lebih dari 10 persen selama empat tahun terakhir," kata dia, lewat keterangannya, Jumat, 26 April 2019.

Agung mengatakan Lumix S1 dan S1R dilengkapi dengan 34mm full frame CMOS sensor dan didasarkan pada standar L-Mount yang menawarkan keseimbangan, diameter bagian dalam yang luas, serta dimensi yang ringkas untuk Flange Focus.

Kedua kamera ini hadir dengan mount lensa L yang merupakan produk resmi kolaborasi antara Leica, Panasonic, dan Sigma. Dengan begitu, Agung mengaku Lumix S1 dan S1R mengusung kamera mirrorless full frame pertama di Tanah Air.

"Kamera Lumix S Series terbaru ini fokus pada kualitas gambar yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan resolusi tinggi. Lumix S1 dan S1R juga menawarkan performa perekaman video hingga 4K 60p/50p, serta kontrol intuitif," ungkapnya.

Bukan itu saja, Panasonic Lumix S1R terintegrasi dengan 47,3MP CMOS sensor tanpa LPF (Low Pass Filter) yang memberikan kualitas gambar terbaik di jajaran kamera mirrorless.

Kamera ini juga menghadirkan mode High Resolution pertama di kamera mirrorless yang memungkinkan pengambilan gambar presisi tingkat tinggi hingga 187MP. Dalam kondisi minim cahaya, khusus Lumix S1, mampu meminimalisir noise meskipun dalam pengambilan gambar menggunakan maksimal ISO 51200.

Sistem Autofocus (AF) pada Panasonic Lumix S1 dan S1R memiliki tingkat kecepatan fokus tercepat, yaitu hanya 0,08 detik. "Dengan disematkannya teknologi kecerdasan buatan (AI) maka kedua kamera ini juga mampu mendeteksi objek bergerak secara akurat," jelas Agung.

Selanjutnya, perangkat yang akan beredar di pasar Indonesia pada awal Mei 2019 ini menggabungkan body I.S yang mampu mengimbangi pergerakan tangan serta O.I.S (Optical Image Stabilizer), sehingga mampu mengatasi hampir semua jenis ‘blur’.

Ia menambahkan jika konsumen ingin membeli sebelum bulan depan, Agung mengungkapkan bisa dilakukan lewat program preorder yang berlangsung pada 23-30 April 2019 di situs e-commerce blibli.com dengan kisaran harga Rp38 juta hingga Rp70 juta.