Apple Bakal Bikin Modem 5G Sendiri, Ini Buktinya

Apple Inc.
Sumber :
  • Yahoo Finance

VIVA – Kabar Apple bakal mengembangkan modem secara mandiri sudah berhembus beberapa waktu lalu. Belakangan muncul bukti yang menunjukkan, Apple siap merilis modem 5G secara mandiri.

Dilansir dari laman Uber Gizmo, Senin 29 April 2019, salah satu bukti yang menguatkan kabar tersebut adalah Apple membajaki insinyur Intel untuk gabung ke divisi mereka. 

Insinyur utama Intel, Umashankar Thyagarajan merupakan salah satu sosok yang telah dibajak Apple. Kabar ini terkonfirmasi dalam profil baru LinkedIn Thyagarajanyang, yang mana dia telah mencantumkan nama Apple sebagai perusahaan tempat ia bekerja sekarang. 

Bukti lain, yakni ada pula email yang bocor dari Intel. Dalam surat elektronik tersebut, terungkap penjelasan para eksekutif Intel soal peran penting Thyagarajan. 

Dalam email itu, Thyagarajan berperan saat mengembangkan modem Intel yang digunakan untuk iPhone 2018. Thyagarajan juga menjadi insinyur untuk proyek Intel Modem 5G. 

Selain itu, ada pula kabar suatu saat nanti Apple berpotensi membeli bisnis modem Intel atau sebagian dari bisnis itu. 

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Intel, Bob Swan akhirnya buka suara tentang perusahaannya yang keluar dari bisnis modem 5G. Dia membenarkan, perdamaian antara Apple-Qualcomm menjadi alasan utamanya. 

Saat Apple dan Qualcomm berkonflik, Swan menyatakan Intel berpikir tentang prospek untuk menghasilkan uang dari teknologi 5G nantinya. Keputusannya adalah Intel tak melihat ada jalan ke sana. 

Modem yang akan dibuat oleh Intel merupakan generasi berikutnya dari teknologi wireless yang diperkirakan akan membuat koneksi untuk supercharge mobile. (asp)