Drama Modem 5G, Apple Ditinggal Sosok Pentingnya

Ilustrasi teknologi 5G.
Sumber :
  • MarketWatch

VIVA – Drama modem 5G Apple masih berlanjut. Kali ini perusahaan itu dikabarkan kehilangan kepala ahli hardware pada proyek tersebut.

Dilansir dari laman 9to5mac, Selasa 30 April 2019, pegawai tersebut adalah Ruben Caballero. Dia keluar dari Apple setelah perdamaian dengan Qualcomm dan produsen iPhone itu merekrut mantan pegawai Intel. 

Saat di Apple, Caballero bertanggung jawab bekerja dengan pemasok untuk mengintegrasikan modem pada iPhone. Sosok Caballero digambarkan memiliki peran untuk memimpin Apple pada 5G. 

Caballero bergabung dengan Apple pada 2005. Sejak saat itu namanya berada di balik ratusan paten Apple untuk teknologi nirkabel. 

Selain itu dia terkenal saat kasus iPhone 4 Antennagate pada 2010. 

Belum ada kabar pasti soal kepergian Caballero. Namun beberapa waktu terakhir mulai dipertanyakan perannya yang sebenarnya. 

Pada Februari, Apple mengganti pimpinan pembuat modem kepada Wakil Presiden Hardware Apple, Johny Srouji. Caballero telah mengawasi usaha ini dan melaporkannya pada Wakil Presiden Rekayasa Perangkat Keras Apple, Dan Riccio.

Sebelumnya, eks insinyur Intel, Umashankar Thyagarajan dikabarkan pindah ke Apple. Kabar ini semakin dibuktikan dengan profil Linkedin Umashankar Thyagarajan yang mencantumkan Apple sebagai tempat ia bekerja sekarang. 

Dengan pindahnya Thyagarajan, semakin menguatkan kabar Apple yang ingin membuat modem sendiri. Termasuk menghasilkan modem 5G sendiri.