Google Pelajari Kebiasaan Orang Indonesia Beli Ponsel, Bikin Takjub

sorot youtube - sosial media - akses internet - smartphone.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Dalam tiga penelitian yang dilakukan Google dan Canalys ada waktu 14 hari atau dua minggu bagi seorang konsumen untuk membeli ponsel baru. Pertama kali yang dilakukan mereka lakukan adalah mencari informasi.

"Mereka mulai mencari info soal hape murah atau terbaik," kata Senior Industry Analyst Technology and Telecommunication Google, Yudistira Nugroho, di kantor Google Indonesia, Rabu, 8 Mei 2019.

Menurutnya memulai dengan pencarian informasi menambah informasi serta ide baru. Calon pembeli akan memiliki gambaran soal perangkat yang akan dibeli.

Dengan pencarian tersebut, menurut Yudistira, memudahkan mereka untuk membandingkan satu produk dengan produk lainnya.

"Karena, kan, konsumen punya 2-3 merek hape, sehingga search memberikan kemudahan. Jadi waktu klik langsung muncul di search," paparnya.

Setelah itu, lanjut Yudistira, pada hari ke-2 hingga 13, mereka mulai membandingkan beberapa perangkat, mulai dari spesifikasi sampai review.

Selanjutnya, calon pembeli melakukan pengecekan sejumlah promosi, termasuk bundling. Yudistira mengungkapkan YouTube juga menjadi cara calon pembeli melihat perangkat yang digunakan.

Ia mengatakan ada kenaikan 40 persen untuk kata kunci 'review' pada tahun lalu. Setelah melakukan pencarian di online, calon pembeli langsung menuju toko ponsel di hari ke-14.

Namun bukan langsung membeli, mereka tetap mencari informasi mengenai ponsel yang ingin dibelinya.

"Faktanya, calon konsumen Indonesia 70 persen masih pergi ke offline retail store. Biasanya mereka masih butuh hands-on," ungkap Yudistira.