Mantan Sponsor Manchester United Siap Luncurkan Ponsel 5G

Teknologi 5G di smartphone.
Sumber :
  • PYMNTS.com

VIVA – Perusahaan telekomunikasi asal Inggris, Vodafone, akan meluncurkan ponsel 5G pada 3 Juli 2019. Ini sekaligus membuat mereka menjadi operator seluler Inggris pertama yang menetapkan tanggal perilisan jaringan seluler generasi terbaru tersebut.

Mengutip situs The Verge, Selasa, 14 Mei 2019, layanan itu akan tersedia di tujuh kota pada awal peluncuran. Ketujuhnya ini adalah Birmingham, Bristol, Cardiff, Glasgow, Manchester, Liverpool dan London.

Rencananya, mantan sponsor klub sepakbola Inggris, Manchester United, ini akan merilis empat handset dan satu router rumah di jaringannya dalam beberapa bulan mendatang.

Mereka mengaku harga untuk paket 5G akan sama dengan jaringan 4G miliknya. Namun, Vodafone baru akan mengumumkan paket harga baru pada minggu depan.

Meski menjadi operator seluler pertama yang mengumumkan tanggal tetap peluncuran, tetapi jaringan 5G mereka bukanlah yang pertama hadir.

Ponsel 5G Vodafone.

EE Mobile, pesaing Vodafone, mengatakan bahwa mereka berencana meluncurkan jaringan 5G musim panas ini, tanpa perilisan tanggal yang pasti.

Hal itu bisa berubah segera tetapi operator mengatakan akan membuat pengumuman 5G pada peluncuran OnePlus 7 yang digelar Selasa, 14 Mei 2019.

Sementara itu, Three akan meluncurkan jaringannya pada paruh kedua tahun ini, sementara jaringan O2, perusahaan teknologi informasi asal Inggris yang diakuisisi Three, akan tersedia sebelum akhir 2019.

Setelah tujuh kota, pada akhir tahun ini Vodafone berencana untuk memperluas jaringan ke-12 kota lagi yang meliputi Birkenhead, Blackpool, Bournemouth, Guildford, Newbury, Portsmouth, Plymouth, Reading, Southampton, Stoke-on-Trent, Warrington dan Wolverhampton.

Tak hanya sampai di situ. Di luar Inggris, Vodafone juga menawarkan roaming 5G untuk Jerman, Italia, dan Spanyol. Empat ponsel 5G akan segera tersedia untuk jaringan itu.

Pertama, Xiaomi Mi Mix 3 5G, yang mulai dijual minggu depan, sedangkan Huawei Mate 20 X 5G dan Samsung S10 5G pemesanan awal akan dimulai akhir bulan ini.

Vodafone menambahkan handset 5G lipat milik Huawei, Mate X, juga akan tersedia di musim panas ini. Sementara, router rumah 5G yang bernama 5G Gigacube segera hadir tak lama setelah Huawei Mate X. Adapun, mengenai harga handset dan router ini akan diumumkan minggu depan.