Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 3 Juni 2019 | 23:28 WIB

Apple dan Xiaomi Bakal Dirakit di Pabrik yang Sama

Team VIVA »
Krisna Wicaksono
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • U-Report
iPhone.

VIVA – Semakin memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat dan China, membuat beberapa pabrikan elektronik terkena imbasnya. Salah satunya, Huawei.

Pemerintah AS melarang perusahaan elektronik asal negaranya, untuk mengekspor komponen ke Huawei. Sebagai langkah antisipasi terjadinya aksi yang sama, perusahaan Apple juga memutuskan untuk memindahkan pabrik produksi dari China.

Baca Juga

Salah satu rekanan Apple untuk proses produksi, Pegatron diketahui telah meneken letter of intent atau surat perjanjian bisnis, dengan pemerintah Indonesia. Dilansir dari Apple Insider, Senin 3 Juni 2019, perusahaan asal Taiwan itu akan mengucurkan investasi sebesar US$695 juta, atau sekitar Rp9 triliun.

Direktur Perwilayahan Industri, Kementerian Perindustrian, Ignatius Warsito mengatakan, bahwa Pegatron akan bermitra dengan perusahaan lokal, PT Satnusa Persada yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau.

Terpopuler

Satnusa bukan pemain baru dalam bidang perakitan komponen elektronik. Perusahaan itu pernah disebut oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Ia mengatakan, saat ini Satnusa sedang menjalani kontrak untuk perakitan salah satu smartphone yang tengah digemari oleh konsumen di Indonesia, yaitu Xiaomi.

"Kalau sekarang Satnusa memproduk7si Xiaomi, nantinya dengan kerja sama, bisa produksi iPhone," ujar Airlangga beberapa waktu lalu.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Ganjil-Genap Motor, Denda Pezina & Jembatan Batam-Bintan
BERITA - 11 hari lalu