Bagi Samsung, Galaxy A80 Kunci Kuasai Dunia

Samsung Galaxy A80.
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Alika

VIVA – Samsung Galaxy A80 yang memiliki tiga kamera putar dan tampilan layar penuh, pada bulan ini akan rilis di India. Ponsel ini menargetkan generasi Z dan milenial. 

Head of Innovation Product Planning Samsung Electronic, Yeon Jeong Kim mengatakan, India jadi salah satu pasar smartphone terbesar dunia.

"Target kami adalah untuk mempertahankan posisi teratas di pasar smartphone India. Jika kami memenangi pasar di sana, maka kami juga dapat memenangi pasar global di mana pun. Orang India menyukai teknologi, maka dari itu kami merilis banyak produk dan akan terus melakukannya," ujarnya dikutip dari situs Economic Times, Selasa 2 Juli 2019.

Pada penjualan Samsung Galaxy Seri A, perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini berhasil menjual 5 juta unit dalam waktu 70 hari, terhitung dari awal Maret. Kemudian pendapatan Samsung mencapai US$1 miliar atau setara dengan Rp14 triliun. Sejauh ini Galaxy Seri A yang telah dirilis yaitu, Galaxy A50, Galaxy A30, Galaxy A20, Galaxy A10, Galaxy A70, dan Galaxy A2 Core.

Seri Galaxy A80 berbeda dengan Galaxy M. Sebelumnya, Galaxy M sudah lebih dulu tersedia dan dijual secara daring. Sementara itu, Galaxy A tidak eksklusif dijual secara daring. Tahun ini Samsung menargetkan Galaxy A menjadi brand smartphone senilai US$4 miliar atau Rp56 triliun.

Galaxy A80 memiliki kamera utama 48 MP dengan LED dan bukaan f/2.0. Kemudian ada ultra wide 8 MP dengan sudut pandang hingga 123 derajat. Mekanisme kamera putar akan menghadirkan hasil gambar yang sama, antara kamera yang dihadapkan ke depan atau ke belakang.

Perangkat memiliki tampilan full HD+ dengan layar Super Amoled 6,7 inci, resolusi 2400x1080 piksel dan rasio aspek 20:9. Galaxy A80 juga ditenggarai dengan desain Infinity-U  dan menggunakan prosesor Snapdragon 730G dengan GPU Adreno 618.

Perangkat berjalan dengan sistem Android 9 Pie, Samsung One UI dan memiliki kapasitas baterai 3.700 mAh yang sudah mendukung pengisian daya 25 watt. Sementara itu, untuk opsi warnanya ialah Angel Gold, Ghost White, dan Phantom Black.