Studi: 3 Ponsel Favorit Orang Indonesia, Samsung Cuma Nomor 2

Xiaomi Mi 9
Sumber :
  • Instagram/@xiaomi.global

VIVA – Ponsel Xiaomi, Samsung, dan Oppo, menjadi yang paling banyak disukai pelanggan online di Indonesia. Temuan ini berdasarkan studi pemegang keuangan internasional Robocash Group, sebagaimana disampaikan dalam keterangan pers, Jumat, 12 Juli 2019.

Menurut studi, 66 persen dari pelanggan yang menggunakan layanan online pendanaan di Indonesia lebih memilih smartphone dari ketiga merek ponsel tersebut.

Xiaomi menempati urutan pertama dengan perolehan angka 26 persen. Disusul Samsung sebanyak 21 persen, kemudian Oppo 19 persen. Persentase tersebut merupakan hasil analisa lebih dari 78 ribu pelanggan yang telah menggunakan jasa keuangan di Indonesia tahun ini.

Menurut analis perusahaan, ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap temuan ini. Lokasi yang berada dekat dengan Indonesia, merek perangkat dari Cina (Xiaomi dan Oppo) dan Korea Selatan (Samsung) memiliki produk-produk berkualitas dengan harga yang sesuai.

Secara keseluruhan, hal itu menarik pelanggan pada usia di bawah 35 tahun yang sebagian besar tertarik menggunakan inovasi teknologi. Hal ini berkorelasi dengan data Robocash Group yang menyatakan bahwa 72 persen pelanggannya di Indonesia berusia 21-35 tahun.

Sementara itu, merek ponsel vivo meraih angka 8 persen, disusul Apple dan Asus yang sama-sama mengantongi 4 persen. Kemudian Lenovo 2 persen, dan Huawei, Sony, serta realme masing-masing 1 persen. Sisanya, 13 persen untuk data pilihan lainnya (Others).

Robocash Group merupakan grup keuangan internasional yang beroperasi di segmen peminjaman alternatif konsumen dan pendanaan pasar di Eropa dan Asia. (ann)