Bukan Hongmeng, Huawei Malah Ajukan OS Harmony

Logo Huawei.
Sumber :
  • Instagram/@viktorijanikolovskamk

VIVA – Sebagai antisipasi terhadap ketidakpastian hubungan dagang antara Amerika Serikat dan China, Huawei telah mengembangkan sistem operasi Hongmeng. Hongmeng lantas menjadi sorotan dalam beberapa bulan terakhir 

Namun, baru-baru ini perusahaan teknologi asal Tiongkok itu dikabarkan baru saja mendaftarkan merek dagang untuk Harmony kepada Badan Kekayaan Intelektual Uni Eropa (Uni Eropa Intellectual Property Office). Harmony disebut sebagai sistem operasi yang akan digunakan perangkat mobile dan komputer. 

Seperti dikutip dari Tech Radar, Senin, 15 Juli 2019, Harmony bergabung dengan OS Ark yang dapat digunakan perusahaan di pasar global.

Apakah Harmony adalah perangkat lunak yang berbeda dengan Hongmeng? Hal ini belum dapat dipastikan. Kemungkinan Harmony adalah Hongmeng itu sendiri yang diganti nama untuk masuk pasar Eropa. 

Hal tersebut, karena pada konferensi pers belum lama ini, Eksekutif Huawei, Liang Hua mengatakan bahwa Hongmeng OS dikembangkan untuk produk Internet of Things (IoT), dan mereka masih akan memanfaatkan Android sebagai sistem operasi ponsel. Demikian mengutip Gizmochina, pada Sabtu, 13 Juli 2019,

"Kami belum memutuskan apakah akan mengembangkan Hongmeng OS untuk menjadi sistem di ponsel," katanya.

Sementara itu, seiring dengan maraknya pembicaraan tentang Hongmeng, Huawei telah mengklaim bahwa OS mereka bakal lebih cepat daripada Android. Benarkah? Tentu saja ini akan dibuktikan sendiri oleh publik di masa depan. Jika Hongmeng telah rilis. (ann)