10 Fitur Kesehatan yang Bisa Kamu Dapatkan di Galaxy Watch Active

Samsung Galaxy Watch Active
Sumber :
  • dok. Sarie

VIVA – Millennials pasti setuju jika selain smartphone, mereka juga butuh sebuah jam tangan pintar yang bisa terkoneksi. Selain bisa terhubung dengan smartphone, jam tangan pintar juga harus bisa menghadirkan fitur-fitur yang membantu merawat kesehatan tubuh kita, melacak rutinitas olahraga dan asupan kalori penggunanya.

Samsung sudah mulai sejak lama menyandingkan smartphone dengan smartwatch buatannya. Bahkan kini dipadukan lagi dengan earphone bluetooth bernama Samsung earbuds.

Galaxy Watch Active yang saat ini kerap menjadi gadget pendamping smartphone para millennials ternyata memiliki banyak fitur pelacak kesehatan yang dapat diandalkan. Bahkan Watch Active bisa melacak sekitar 39 jenis olahraga, berkat bantuan Samsung Health Apps.

Untuk lebih jelasnya, ini 10 fitur kesehatan yang bisa kamu andalkan di Samsung Galaxy Watch Active, dan tentunya dengan bantuan Samsung Galaxy S10 Plus dan Samsung Health Apps di dalamnya.

1. Bakar kalori
Dengan fitur ini, kita bisa memeriksa berapa kalori yang berhasil terbakar usai berolahraga. Olahraga yang dilakukan setiap hari atau setiap minggu akan mampu mengurangi asupan kalori yang ada di tubuh kita sehingga Watch Active bisa langsung menghitungnya untukmu. Bisa juga diaktifkan fitur Manajemen Berat Badan melalui Samsung Health yang terkoneksi dengan Watch Active.

2. Langkah kaki
Hampir semua jam tangan pintar dan fitness tracker memiliki fitur penghitung langkah kaki yang bisa mengukur seberapa jauh kamu berjalan dan berapa kalori yang berhasil terbuang. Tinggal swipe layar Watch Active kamu dan mulai berjalan, biarkan Watch Active yang menghitung langkah kaki dan jarak tersebut.

3. Naik tangga
Langkah kaki yang dihitung juga termasuk berapa lantai yang telah kamu tanjaki. Seperti halnya para pekerja kantoran yang peduli dengan kesehatan, mereka lebih suka menaiki tangga ketimbang harus lewat eskalator atau naik lift. Nah, Watch Active akan menghitung berapa lantai yang telah kamu taklukkan.

4. Olahraga
Seperti yang telah disebutkan di atas, Watch Active buatan Samsung ini bisa dikoneksikan ke aplikasi Samsung Health dan bisa mendeteksi 39 jenis olahraga, mulai dari lari, berjalan, sepeda, renang, gym, treadmill, sampai angkat berat. Untuk mengukur seberapa efektif olahraga yang kamu kerjakan untuk membakar kalori yang harus dihilangkan, buatlah profil diri, mulai dari mengisi total berat badan dan tinggi badan. Bisa juga berkompetisi dengan orang lain sehingga targetnya lebih seru.

5. Tidur
Inilah yang menarik dari Galaxy Watch Active. Ukurannya yang ringan sangat mungkin untuk dibawa tidur. Melalui Watch Active akan diukur dan dianalisa pola tidur kita melalui pergerakan dan perubahan detak jantung saat tidur. 

6. Detak Jantung
Pengukuran detak jantung ini akan sangat berguna saat kita sedang berolahraga, fitnes maupun treadmill. Ini bukan untuk mendiagnosa penyakit, mencegah penyakit atau untuk menyembuhkan. Untuk mendapatkan hasil pengukuran detak jantung yang akurat, Watch Active bisa digunakan setiap saat, tepat di atas pergelangan tangan.

7. Stres
Di tengah kondisi jalan yang kerap macet, lingkungan kantor yang menegangkan, kita bisa mengecek tekanan jiwa yang kita alami. Watch Active bisa menunjukkan tingkat stres yang ada di diri kita melalui garis ukur. Hijau berarti tak ada stres, sedangkan paling ujung, berwarna oranye sampai kemerahan, berarti stres sangat.

8. Makanan
Watch Active juga bisa menghitung target kalori yang harus kamu makan setiap harinya. Untuk menggunakan ini, masukkan dulu profil kamu di Samsung Health App. Nanti akan terukur berapa asupan kalori yang harus kamu makan berdasarkan usia, jenis kelami, dan kondisi fisik yang kamu infokan. Watch Active akan menampilkan jumlah kalori yang ditargetkan, lalu akan semakin berkurang tergantung asupan makanan yang kamu makan hari itu.

Begitu juga dengan asupan minuman yang harus kamu konsumsi setiap harinya. Watch Active akan memberikan panduan berapa gelas target setiap hari, lalu akan berkurang seiring dengan minuman yang telah kamu tenggak.

9. Kopi
Selain makan dan minum, melalui Samsung Health App, Watch Active juga bisa menunjukkan berapa kalori asupan kopi yang telah kamu minum. Bisa juga dijadikan alat pengingat jika kamu berniat untuk mengurangi konsumsi kopi setiap harinya.

10. Kompetisi
Jika sulit mendapatkan target, bisa juga berkompetisi dengan pengguna aplikasi Samsung Health lainnya. Di sini kamu bisa membandingkan dengan pencapaian mereka. Bisa juga kamu jadikan patokan untuk target pembakaran kalori. Fitur ini tidak akan bekerja di galaxy Watch Active jika tidak kamu koneksikan dengan smartphone Samsung yang memiliki Samsung Health app.