Kabar Baik, 3 iPhone yang Dirilis 2020 Dukung 5G

iPhone anyar
Sumber :
  • www.businessinsider.com.au/Hollis Johnson

VIVA – Kabar baik bagi kamu pecinta iPhone. Semua jenis iPhone yang diluncukan 2020 sudah mendukung teknologi 5G lho. Analis Apple yang dikenal sangat akurat, Ming-Chi Kuo mengungkapkan hal tersebut.

Sebelumnya Kuo mengatakan, Apple bakal merilis tiga jenis iPhone yaitu ukuran layar 5,4 dan 6,7 inchi dengan layar OLED dan satu iPhone dengan bentang 6,1 inchi dengan layar OLED. Sang analis sebelumnya mengatakan, dari total iPhone yang dirilis 2020, hanya dua jenis iPhone saja yang mendukung teknologi 5G. 

Kuo mengungkapkan, Apple merilis semua iPhone dengan 5G pada tahun depan untuk makin menjaga persaingan dengan smartphone Android 5G yang bakal terjangkau harganya.

Dikutip dari MacRumors, Senin 29 Juli 2019, Apple akan memanfaatkan semua sumber daya 5G milik mereka setelah mengakuisisi divisi cip modem smartphone Intel. 

Bocorannya, iPhone model yang dirilis 2020 akan mendukung teknologi mmWave dan frekuensi Sub-6 GHz untuk pasar Amerika Serikat. mmWave merupakan teknologi tercepat dari 5G yang cocok untuk area kota dan padat, namun tidak dipakai untuk area sub urban atau desa. Namun dua teknologi 5G itu belum jelas apakah cocok untuk pasar luar Amerika Serikat atau tidak.

Selain itu, Kuo membocorkan akan ada kejutan soal harga dari iPhone 5G pada tahun depan. Kemungkinan harga iPhone baru akan bersaing dengan smartphone Android 5G. 

"Kami memprediksi harga smartphone Android 5G bakal menurun menjadi U$249-349 (Rp3,5-4,9 juta). Dan kami yakin smartphone Android 5G yang terjual yakni pada harga tersebut," ujarnya. 

Soal harga iPhone baru, Kuo menuturkan, Apple bakal membanderol pada harga yang lebih tinggi karena nilai 5G tersebut. 

Apple akan menggunakan cip modem dari Qualcomm untuk model iPhone yang dirilis pada 2020. Untuk cip modem dari Intel, kemungkinan akan disematkan pada iPhone baru yang dirilis pada 2021. (ren)