Huawei Mate X dan Mate 30 5G Resmi Pakai OS Hongmeng?

Akankah OS Hongmeng Hadir di Mate 30 5G dan Mate X?. (FOTO: KrAsia).
Sumber :
  • wartaekonomi

Sistem operasi (OS) Hongmeng milik Huawei dikonfirmasi akan hadir lebih dahulu di perangkat berbasis Internet of Things (IoT). Namun, apakah sistem operasi itu akan hadir perangkat ponsel pintar atau smartphone Huawei?

Chief Technology Officer Huawei Indonesia, Vaness Yew, menyampaikan bahwa informasi itu masih bersifat konfidensial untuk publik. Karena itu, ia belum bisa mengungkapkan informasi soal hal tersebut.

"Soal implementasi Hongmeng di ponsel, itu masih bersifat konfidensial untuk publik," ujar Vaness kepada pers, Rabu (31/7/2019) di Artotel Thamrin, Jakarta.

Kemudian, ia melanjutkan, implementasi Hongmeng akan dimulai pada perangkat IoT lebih dahulu. Di akhir pernyataannya, ia berkata soal peluncuran perangkat ponsel Huawei pada akhir tahun yang sepertinya akan menggunakan sistem operasi itu.

"Tapi, pada akhirnya kalian akan melihat di akhir tahun ini dalam peluncuran ponsel terbaru Huawei,” ungkapnya. Sekadar informasi, Huawei akan merilis dua perangkat 5G pada akhir tahun ini. Dua perangkat itu meliputi Mate 30 5G dan ponsel lipat Mate X.

Apakah kedua perangkat itu akan menggunakan sistem operasi Hongmeng? Sebelumnya, saat Huawei masuk ke dalam daftar hitam Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) dan Google dilaporkan mencabut lisensi Android dari perangkat perusahaan itu.

Nama sistem operasi Hongmeng pun muncul ke permukaan. Sistem operasi itu digadang-gadang akan menggantikan Android di perangkat Huawei.