Oppo Ungguli Samsung di Pasar Smartphone Indonesia

Oppo Reno.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Oppo berhasil mengungguli Samsung untuk memimpin pasar smartphone di Indonesia. Pencapaian ini tercatat oleh perusahaan riset, Canalys pada kuartal II tahun ini atau Q2 2019.

Menurut Canalys, Oppo berhasil menjadi posisi pertama, karena kuatnya penjualan offline.

"Oppo mengungguli Samsung, untuk memimpin pasar pertama kali, karena cakupan offline yang kuat. Sementara, kompetisi pada kanal online juga memanas," tulis pihak Canalys dalam akun Twitternya, Selasa 13 Agustus 2019.

Oppo juga mengungguli merek lain, seperti Xiaomi, Vivo, dan Realme dalam lima besar vendor smartphone terbaik di Q2 2019.

Di Q2 tahun ini, market share Oppo sebesar 26 persen dan memiliki pertumbuhan 54 persen. Sedangkan di posisi dua, Samsung memiliki 24 persen dengan YoY Growth-nya 10 persen.

Xiaomi berada di posisi ketiga, dengan market share 19 persen, namun harus mengalami penurunan sembilan persen dari tahun lalu. Menyusul Vivo, dengan 15 persen dan pertumbuhan 62 persen, serta Realme yang masuk dengan share sebanyak tujuh persen.

Canalys juga mencatat, pasar smartphone di Indonesia mencatat kinerja terbaik hingga saat ini. Dalam akun Twitternya, pengiriman ponsel mencapai 11,4 unit.

"Pasar smartphone Indonesia mencatat performa terbaik hingga saat ini, mengirimkan 11,4 juta unit dan tumbuh 8,9 persen YoY pada Q2 2019," tulis Canalys.