Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 16 Agustus 2019 | 15:51 WIB

Peneliti: Kabel iPhone Bisa Dipakai Buat Nge-Hack

Team VIVA »
Alika Noor Kholifah
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • Science News
Ilustrasi serangan hacker atau siber.

VIVA – Di era digital seperti sekarang, setiap orang disarankan untuk lebih berhati-hati. Kejahatan di ruang siber bisa terjadi kapan saja, dan menimbulkan kerugian besar. Kasus peretesan bukan menjadi hal yang baru, metode yang digunakan juga bisa dengan berbagai macam cara.

Dikutip dari situs The Verge, Jumat, 16 Agustus 2019, seorang peneliti keamanan Verizon Media, Mike Grover menemukan bahwa kabel lightning atau kabel charger untuk iPhone yang sudah dimodifikasi, bisa digunakan sebagai media peretasan.

Baca Juga

Pria yang akrab disapa MG itu menjelaskan bahwa kabel itu memang berfungsi seperti kabel lightning pada umumnya, tapi di dalamnya tersembunyi hardware dan software di dalam konektor USB, termasuk titik akses nirkabel.

Cara kerjanya, ketika kabel dicolokkan ke komputer, dari jarak jauh bisa digunakan untuk mencuri kode rahasia saat pemilik komputer login atau meng-install software berbahaya. 

Terpopuler

Baca juga: 5 Hal yang Dilakukan Hacker dengan Akun Email-mu

MG bukan untuk pertama kalinya punya barang seperti ini. Sebelumnya ia juga pernah membuat alat peretasan yang menyerupai pengisi daya laptop Apple USB-C, dapat membajak komputer pengguna. Ada juga USB drive yang bisa meng-install perangkat lunak ke perangkat dan kemudian meledak.

Untuk proyek kali ini ia memilih kabel lightning, karena kabel itu memiliki ukuran yang kecil dan sulit disambungkan dengan perangkat lain. Ia pikir jika itu bisa dimodifikasi menjadi alat peretasan, maka ia juga bisa memodifikasi kabel USB lainnya.

MG memang menjual kabel itu, siapa pun dapat membelinya, baik peneliti keamanan maupun aktor antagonis. Tapi ia tidak memiliki tujuan yang jahat, ia malah berharap peneliti keamanan bisa membuat suatu tameng sebelum serangan datang.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Asap Riau Beracun, iPhone 11 & Bukalapak PHK Massal
BERITA - sekitar 1 bulan lalu