Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 19 Agustus 2019 | 20:50 WIB

Selain Smartfren, 3 Operator Ini Sudah Uji Coba 5G

Team VIVA »
Alika Noor Kholifah
Novina Putri Bestari
Foto :
  • cbc.ca
Teknologi 5G.

VIVA – Hari ini, Smartfren secara resmi melakukan uji coba 5G di PT Smart Tbk. Refinery. Berada di Kawasan Marunda, Jakarta uji coba itu akan dilakukan sekitar enam bulan hingga satu tahun.

Namun sebelum Smartfren, sejumlah operator Indonesia lainnya sudah melakukan uji coba jaringan terbaru ini.

Baca Juga

Telkomsel
Telkomsel menyelenggarakan uji coba dengan mengadakan Telkomsel 5G Experience pada gelaran Asian Games 2018. Salah satu yang diperlihatkan adalah mobil dengan teknologi otonomos.

Mobil itu merupakan contoh mobilitas di masa depan nanti, menggabungkan teknologi Light Detection and Ranging atau LIDAR, AI serta jaringan 5G.

Terpopuler

XL
Pada Agustus tahun lalu, XL juga menggelar uji coba jaringan 5G beserta Wireless Gigabit atau Wigig. Pengujian ini dilakukan di Kawasan Kota Tua, Jakarta Utara.

Saat itu, Direktur Utama XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan uji coba jaringan untuk mendukung penerapan Smart City DKI Jakarta. Dengan begitu akan memberikan solusi bagi permasalahan pengelolaan di perkotaan.

Indosat
Jauh sebelum dua perusahaan di atas, Indosat mengaku sudah uji coba jaringan 5G. Dua bulan sebelum Asian games 2018 atau sekitar Juni, operator tersebut sudah melakukan uji coba.

Dorector and Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Herfini Haryono mengaku memang tidak melakukan trial di Indonesia. Namun mereka kerja bersama dengan Ooredoo Qatar.

Selain itu saat perayaan ulang ke-51 November lalu, Indosat juga mengadakan rangkaian uji coba serta teknologi dengan 5G.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Komentar Jusuf Kalla Soal Erwin Aksa Hingga Jokowi-Ma'ruf
BERITA - 7 bulan lalu