Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 22 Agustus 2019 | 00:18 WIB

Persaingan Sengit Samsung dan Oppo, Siapa Menang?

Team VIVA »
Alika Noor Kholifah
Misrohatun Hasanah
Foto :
Peluncuran Samsung Galaxy Note 10

VIVA – Vendor smartphone Samsung diketahui menjadi salah satu pemain senior di pasar smartphone. Perusahaan asal Korea Selatan ini sudah langganan duduk di urutan pertama, jadi sebenarnya masyarakat tidak perlu ragu lagi dengan kualitasnya. 

Tapi baru-baru ini perusahaan riset Canalys mengumumkan hasil studi kedudukan smartphone di kuartal kedua 2019, memberitakan kalau Oppo berhasil menjadi yang pertama dan membuat Samsung harus legowo berada di nomor dua. 

Baca Juga

Ditanya mengenai hal itu, IT & Mobile Product Marketing Head Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant berkelakar kalau setiap riset yang dilakukan memiliki metode yang berbeda. 

"Canalyst menggunakan metode berdasarkan shipment. Sedangkan Samsung berpatokan pada riset yang dilakukan GfK," katanya di Ritz Carlton SCBD, Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2019.

Terpopuler

GfK diketahui menggunakan metode unit smartphone yang diserap oleh konsumen. Jumlah perusahaan riset tidak sedikit, tentunya metode yang mereka terapkan pun beragam.

"Samsung jadi nomor pertama smartphone premium di Indonesia dengan market share 66 persen, dan juga menjadi nomor pertama di kategori lainnya dengan market share 50 persen," kata Denny dalam acara peluncuran Galaxy Note 10.

Data yang ia sebutkan itu merupakan data internal perusahaan pada Juni 2019. Artinya untuk saat ini Samsung masih berpegang teguh pada data internal dan GfK, "Kami masih memimpin pasar," ujar Denny.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Penampakan Bentuk dan Spesifikasi Oppo Reno, Mau?
DIGITAL - 5 bulan lalu