Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 23 Agustus 2019 | 09:43 WIB

11 Smartphone Populer Ini Beradiasi Tinggi, Ada iPhone dan Samsung

Team VIVA »
Amal Nur Ngazis
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • www.chicagotribune.com/Brian Cassella
Uji radiasi smartphone

VIVA – Smartphone atau ponsel memancarkan efek radiasi sudah menjadi isu lama. Kamu khawatir enggak sih? Nah ngomong-ngomong soal radiasi ponsel nih, ada pengujian baru yang menemukan tingkat radiasi 11 smartphone populer.

Ponsel yang diuji yakni iPhone 7, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, Samsung Galaxy S9, Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy J3, Moto e5 Play, Moto e5, Moto g6 Play, dan BLU Vivo 5 Mini.

Baca Juga

Ternyata peneliti mengklaim 11 smartphone populer yang diuji memproduksi radiasi frekuensi radio yang tinggi. Aduh, terus bagaimana nih? Atas temuan ini, Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat berjanji menyelidikinya.

Dikutip dari situs Metro, Jumat 23 Agustus 2019, jadi begini ilmuwan menguji 11 smartphone itu dengan menggunakan daging manusia, kemudian disimulasikan dengan smartphone pada jarak 2 mm. Jarak 2 mm itu kira-kira seperti ponsel yang ada di dalam saku.

Terpopuler

Tes ini juga lebih dekat dari pengujian yang dilakukan vendor smartphone, beberapa juga mengetes dengan jarak satu inci. Tes yang dilakukan peneliti kemudian menunjukkan perangkat menghasilkan tingkat radiasi yang melebihi pedoman FCC.

Apple dan Samsung berdalih perangkat mereka tidak melanggar aturan. Perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook mengatakan, metode yang digunakan peneliti tidak akurat.

"Semua model iPhone, termasuk iPhone 7, sepenuhnya disertifikasi oleh FCC dan di negara lain di mana produk kami dijual. Kami konfirmasi bahwa kami mematuhi dan memenuhi semua pedoman dan batasan yang berlaku," kata Apple dalam sebuah pernyataan.

Baca juga nih: Penyebab Kecelakaan Beruntun yang Tewaskan Leonardo DiCaprio

Sementara Samsung mengatakan, perangkat yang dijual di Amerika Serikat mematuhi peraturan FCC. Smartphone Samsung diuji sesuai dengan protokolnya, sama seperti yang digunakan di seluruh industri. Nah gimana dengan temuan radiasi tinggi smartphone itu?

Topik Terkait
Saksikan Juga
Asap Riau Beracun, iPhone 11 & Bukalapak PHK Massal
BERITA - 5 hari lalu