Huawei Bicara Masa Depan OS Harmony, Penasaran?

Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei Consumer Business Group, James Lu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Huawei menegaskan belum menyematkan sistem operasi Harmony pada produk smartphone dan tablet mereka. Sementara ini perangkat mobile besutan Huawei tersebut tetap menggunakan sistem operasi Android. 

"Smartphone sampai tablet, kami terus lanjut menggunakan Android untuk smartphone dan tablet sebisa kami," kata Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei Consumer Business Group, James Lu, di kantor Huawei Indonesia, Jakarta, Selasa 27 Agustus 2019. 

Menurutnya, Android masih menghasilkan ekosistem yang baik. Huawei menginginkan penggunanya masih bisa menggunakan aplikasi yang disukainya. James Lu mengakui Huawei butuh waktu untuk mengembangkan ekosistem baru untuk sistem operasi Harmony. 

"Jadi untuk sementara, pengguna bisa terus menggunakan Android di saat yang bersamaan kami membangun ekosistem," ujar dia. 

Mengenai bentuk sistem operasi Harmony di smartphone nantinya, Lu mengatakan, kemungkinan tidak akan beda jauh dengan Android. Tapi dia meminta menunggu saat peluncuran datang. 

Baca juga nih: Foto-foto Kalimantan dari Luar Angkasa

Soal negoisasi dengan Amerika Serikat mencabut larangan untuk produk Huawei, Lu menyerahkan pada kedua negara. Namun dia mengatakan Huawei akan terus mengembangkan sistem operasi Harmony. "Enggak, soalnya ini masalah antar pemerintah. kami perusahaan bukan pemerintah," kata Lu.