Smartphone 4 Kamera, Fungsinya Apa Saja?

Mencoba prototipe realme empat kamera
Sumber :

VIVA – Pengguna smartphone memang addicted dengan yang namanya foto-foto dan selfie. Makanya, satu kamera dirasa tidak cukup. Lalu berapa kamera seharusnya? Sekarang sih banyak smartphone yang punya 4 kamera, termasuk realme.

Kita tahu jika data analis pasar smartphone, baik IDC, Canalys maupun Gartner telah memasukkan realme ke dalam jajaran lima besar vendor smartphone di Indonesia. Padahal mereka belum sampai satu tahun eksistensinya di Indonesia. Katanya sih karena inovasi dan harga terjangkau yang selalu mereka hadirkan.

Bisa jadi ada benarnya. Pasalnya, saat semua vendor ramai menghadirkan smartphone dengan kamera sampai 4 biji, realme diketahui sudah menyiapkannya. Laman XDA-Dev, Jumat, 13 September 2019, menyebutkan jika kamera-kamera tersebut akan memiliki fungsi yang berbeda pula.

Yang pertama adalah pembidik utama. Dalam bagian ini, realme memberikan spesifikasi terbaik di kelasnya. Dengan sensor level flagship dari Sony, menjadikan kamera utama dapat diandalkan dalam segala kondisi.

Untuk kebutuhan foto dengan sudut pandang lebar, realme menyematkan lensa ultra wide angle 119 derajat. Dengan lensa ini, objek foto dapat ditangkap secara lebih lebar sehingga membuat foto menjadi lebih hidup.

realme juga menyematkan kamera untuk mengambil objek foto jarak dekat, seperti tumbuhan dan hewan kecil. Dengan lensa ultra makro, berbagai detail alam dapat ditangkap secara sempurna oleh smarpthone realme.

Realme juga tidak melupakan tugas utama kamera smartphone untuk menangkap objek manusia. Kehadiran lensa potrait dengan sistem filter dapat membuat objek manusia terlihat lebih dramatis.

Segala kehebatan quad camera juga sudah didukung oleh dua teknologi andalan realme, yakni Nightscape dan Chroma Boost generasi terbaru. 

Nightscape memanfaatkan keunggulan algoritma dan teknologi AI untuk menghasilkan foto malam hari yang lebih nyata. Sementara Chroma Boost juga menggunakan teknologi AI yang dapat meningkatkan kecerahan, mengenali informasi warna, dan mengembalikan detail nyata. Hasil foto dengan Chroma Boost bisa dibilang setara dengan penglihatan mata manusia.