Cara Pakai Samsung DeX di Galaxy Note 10

Samsung DeX
Sumber :
  • Cnet

VIVA – Riset Google menunjukkan bahwa sekitar 75 persen pengguna smartphone mengakui jika perangkat genggam itu mampu membuat mereka lebih produktif. Hal ini sesuai dengan apa yang menjadi misi dari Samsung mengeluarkan Note 10, yakni mendukung produktivitas dan aktivitas multasking.

Dikatakan M. Taufiq Furqan Produk Marketing Samsung Elektronik Indonesia, di sela Workshop Samsung Galaxy Note 10 di Seoul, Korea Selatan, perangkat flagship buatan perusahaannya itu kini tak hanya memiliki banyak fitur dan keunggulan tapi juga desain yang ditingkatkan.

"Desain Samsung Galaxy Note 10 sekarang lebih ramping, dengan bodi belakang yang glowing. Ini kami rasa wajar karena disesuaikan dengan harga. Para pebisnis kini tak lagi hanya ingin fitur yang lengkap tapi desain juga," kata Taufiq.

Berbicara mengenai desain, Samsung sendiri telah memasukkan fitur baru bernama DeX ke dalam Galaxy Note 10. Samsung DeX salah satu fitur produktivitas yang diklaim paling seamless, yang ada pada Galaxy Note10|10+. Bahkan bisa disambungkan ke Macbook.

Berikut beberapa langkah menggunakan Samsung DeX.

1. Siapkan smartphone Samsung dan monitor yang ingin disambungkan dengan DeX. Gunakan kabel USB-C untuk menghubungkan ke adapter HDMI.

2. Muncul notifikasi peringatan jika smartphone sudah terhubung dengan desktop. Ingat! Aplikasi yang terbuka akan tertutup saat kamu mulai atau berhenti menggunakan Samsung DeX. Maka dari itu, selalu simpan file-file yang telah kamu kerjakan.

3. Geser layar ke bawah untuk memunculkan panel Quick Setting. Di situ akan muncul menu 'Gunakan ponsel sebagai touchpad'. Dengan demikian, smartphone kamu akan berfungsi layaknya touchpad, dan konten akan ditampilkan di monitor yang lebih besar dengan kendali dari smartphone anda.

Menurut Taufiq, setidaknya ada beberapa keuntungan dalam menggunakan Samsung DeX.

1. MS Office Suite bisa dibuka kapanpun Anda membutuhkannya, khususnya ketika akan presentasi ke partner. 

2. Samsung DeX bisa dimanfaatkan untuk panggilan video conference untuk berkomunikasi dengan tampilan lebih puas.

3. Foto dan video yang perlu di-edit, bisa diperiksa lagi dengan lebih detail dan mengeditnya langsung dengan Samsung DeX melalui PC atau Mac.

4. Bermain game menggunakan DeX, untuk pengalaman bermain lebih baik karena menggunakan layar yang lebih besar.

Untuk membantu pengguna bekerja lebih nyaman dan efisien, Galaxy Note10 atau 10+ memiliki fitur Link to Windows yang terintegrasi langsung ke dalam Quick Panel. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menghubungkan Galaxy Note10 mereka ke PC berbasis Windows 10 dan menampilkan layar smartphone, mengirim dan menerima pesan, dan melihat notifikasi hingga foto langsung dari komputer mereka.

Link to Windows dapat diakses melalui Quick Panel atau dengan mengakses Setting> Advance Features. Setelah masuk ke akun Microsoft, Galaxy Note10 secara otomatis menautkan PC.