Ojek Online Parkir di Sembarang Tempat, Grab Tawarkan Solusi

Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Layanan aplikasi berbasis transportasi, Grab, mendukung imbauan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar perusahaan berbagi tumpangan mengatur para mitra pengemudi atau driver, khususnya ojek online atau ojol, yang kerap berhenti di sembarang tempat.

Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengaku telah mengambil dua langkah untuk meminimalisir hal tersebut, yakni lewat Grab Stop dan penyediaan shelter.

"Kami sedang proses negosiasi dengan pusat perbelanjaan agar mereka menyediakan shelter sebagai lahan parkir driver. Kalau Grab Stop lebih ke driver yang butuh fasilitas untuk berhenti sebentar, tidak lama. Letaknya di ratusan tempat seperti warung makan," kata Ridzki di Jakarta, Selasa, 4 Desember 2018.

Kedua fasilitas ini diharapkan bisa menjadi solusi agar para driver tidak lagi parkir di badan jalan. Saat ini jumlah shelter yang ada di Jakarta sudah mencapai 91 buah, sedangkan fasilitas Grab Stop sudah mencapai ratusan, kendati belum diresmikan.

Ridzki mengungkapkan fasilitas ini bagian dari program kesejahteraan driver dari Grab. Selanjutnya, penyediaan fasilitas singgah dan istirahat yang mereka sebut dengan GrabBike Lounge.

Saat ini fasilitas tersebut telah tersedia di dua wilayah yakni Daan Mogot, Jakarta Barat dan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

GrabBike Lounge berdiri di atas lahan seluas 1.300 meter persegi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh driver.

Adapun yang mereka sediakan antara lain lahan parkir yang luas dan aman, wifi gratis, tempat ibadah, tempat untuk mengisi baterai ponsel, tempat istirahat disertai AC dan toilet.

"Selain jadi tempat istirahat, driver juga bisa memanfaatkan fasilitas berbayar yang telah tersedia, seperti kantin, bengkel, tempat cuci motor, bahkan potong rambut," jelasnya.

GrabBike Lounge dibuka setiap hari dan bisa dinikmati fasilitasnya mulai dari pukul 09:00-21:00. Ridzki juga mengingatkan driver untuk menjaga fasilitas ini, karena GrabBike Lounge merupakan rumah bagi para driver.