Mantan Gubernur BI Agus Martowardojo Jadi Komisaris Utama Tokopedia

CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan Komisaris Utama Agus Martowardojo.
Sumber :
  • Dok. Tokopedia

VIVA – Mantan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, menjadi Komisaris Utama PT Tokopedia. Pria yang juga pernah menjabat menteri keuangan ini mengaku gembira bisa bergabung dan menyalurkan pengalaman di salah satu startup unicorn.

"Saya melihat Tokopedia sangat konsisten memberdayakan masyarakat melalui teknologi sehingga ekonomi Indonesia dapat terus tumbuh kuat, seimbang dan berkesinambungan," kata Agus Marto, dalam keterangannya, Kamis, 10 Januari 2019.

Ia pun bercerita saat menjadi menteri keuangan pada 2010-2013. Kala itu dirinya bekerja mengelola kebijakan fiskal yang bersifat disiplin dan efektif.

Dengan cara itu perekonomian Indonesia bisa didorong untuk bertumbuh dan bertahan dengan lebih baik.

Agus Marto juga memiliki peran meningkatkan penerimaan negara, memperbaiki efektivitas pengeluaran, dan juga memperkuat tata kelola. Saat itu Indonesia bisa memperbaiki peringkat utang dari Fitch dan Moody's.

Peringkatnya menjadi status investment grade. Selain itu, ketika menjadi gubernur Bank Indonesia, Agus Marto mengeluarkan kebijakan moneter, makro prudensial, sistem pembayaran dan peredaran uang Rupiah.

"Ini semua dilakukan untuk pemeliharaan stabilitas dan ketahanan ekonomi di Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Co-Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan, bergabungnya Agus Marto sangat berharga bagi perusahaan, terutama untuk pengalaman dan kearifannya untuk menjadikan Tokopedia menjadi perusahaan teknologi kelas dunia.

"Saya yakin kehadirannya akan memperkuat momentum kinerja perusahaan yang tengah memasuki tahun ke-10 mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital," ungkap William. (ase)