Tokopedia dan Universitas Indonesia Luncurkan Teknologi Super-Komputer

Dari kiri ke kanan: Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis, Menristekdikti, Mohamad Nasir, dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya di Gedung Fasilkom UI, Depok, Jawa Barat, Kamis, 28 Maret 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA – Startup unicorn Tokopedia bersama Universitas Indonesia meluncurkan Tokopedia-UI AI Center of Excellence atau Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi super-komputer deep learning dari NVIDIA DGX-1.

Menurut Kepala Eksekutif Tokopedia, William Tanuwijaya, hal ini ditujukan untuk mendorong para pelaku akademi dan peneliti dalam memanfaatkan teknologi, khususnya AI (artificial intelligence) agar dapat menghadirkan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan industri.

“Ini semua bukan mimpi lagi tetapi dapat direalisasikan. Industri e-commerce, logistik, manajemen risiko, keamanan siber sampai pembayaran, bisa memanfaatkan solusi AI. Kita selangkah lebih dekat dalam mencapai misi pemerataan ekonomi digital,” kata William di Gedung Fasilkom UI, Depok, Jawa Barat, Kamis, 28 Maret 2019.

Sementara itu, Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis, mengaku bahwa kolaborasi antara dunia pendidikan tinggi dengan industri bisa mencetak lulusan yang unggul dan siap berkompetisi secara global.

“Kolaborasi yang sarat dengan teknologi tingkat tinggi ini diharapkan dapat menstimulasi semangat berinovasi bagi civitas academica UI untuk menghasilkan temuan riset berkelas demi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia ke tingkat berikutnya,” papar dia.

Tokopedia-UI AI Center of Excellence didukung oleh NVIDIA DGX-1, yang dilengkapi dengan GPU NVIDIA Tesla V100, yang dirancang dengan struktur Tensor Core untuk mempercepat kinerja AI. Super-komputer dalam kotak ini menggunakan NVIDIA GPU Cloud Deep Learning Stack.

“Super-komputer DGX-1 menjadi pusat perhatian dalam komunitas penelitian. Instalasi pertama di Indonesia menunjukkan betapa besarnya visi Tokopedia dan UI serta upaya mereka untuk mendorong pertumbuhan industri teknologi di Tanah Air," ujar Director of SEA Region NVIDIA, Ettikan Karuppiah.

Selain perangkat keras dan lunak, ia menyebut NVIDIA juga akan berbagi pengetahuan dan terlibat dalam pemeliharaan teknologi super-komputer untuk mencapai tujuan bersama. (ann)