Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 22 April 2019 | 15:57 WIB

Setelah Malaysia, Grab Indonesia Bikin Fitur Penumpang Disuruh Selfie

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Novina Putri Bestari
Foto :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari
Grab Indonesia.

VIVA – Aplikasi transportasi online Grab merilis fitur keamanan baru yang sama dengan di Malaysia di mana penumpang atau pengguna wajib swafoto atau selfie sebelum memesan taksi online.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengatakan fitur barunya ini semata-mata untuk keselamatan mitra pengemudi atau driver dan pengguna.

Baca Juga

"Menuju nol insiden. Kami berharap tidak ada kejadian aneh-aneh. Tapi, kan, harus jaga-jaga," kata dia di Jakarta, Senin, 22 April 2019.

Menurutnya fitur ini hanya berlaku bagi pengguna Grab yang baru. Ia menyebut hal pertama yang harus dilakukan pengguna adalah melakukan verifikasi wajah, atau dengan kata lain, diminta untuk selfie hanya satu kali.

Terpopuler

Neneng juga menuturkan bahwa fitur ini sudah bisa dipergunakan oleh pengguna sejak kuartal pertama tahun ini.

Adapun untuk penumpang lama Grab, ia mengaku akan ada link dengan Facebook dan media sosial lainnya, di mana verifikasi berasal dari sana.

Sebelumnya, Grab Malaysia telah menerapkan fitur serupa pada 15 April kemarin. Country Head Grab Malaysia, Sean Goh, menyebutkan bahwa fitur ini hanya untuk keamanan dan tidak ada informasi yang akan dikumpulkan dari penumpang.

“Selfie mereka hanya akan digunakan untuk keperluan verifikasi satu kali dan tidak akan ditunjukkan kepada pengemudi,” kata dia.

Goh menambahkan jika fitur ini juga akan mengurangi kejahatan yang dilakukan oleh oknum penumpang yang meresahkan pengemudi.

“Pengalaman kami adalah mereka yang merencanakan kegiatan kriminal akan melakukannya dalam empat kali pertama mereka menggunakan aplikasi Grab begitu mendaftar," jelas Goh.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Tentara Dikerahkan untuk Paksa Warga Tetap di Rumah
TVONE NEWS - 9 hari lalu