Mengenal Startup Makar

Perusahaan augmented reality, Makar
Sumber :
  • Facebook/@miflymakar

VIVA – Belakangan ini, beberapa tokoh dipanggil kepolisian gara-gara terseret dugaan usaha makar. Aktivitas makar merupakan aksi untuk menjatuhkan pemerintah yang sah. 

Dalam dunia teknologi, nama makar belum begitu jamak didengar, namun yang pasti istilah itu dalam dunia teknologi jauh dari arti dalam terminologi politik. 

Ya, ada perusahaan rintisan asal Taiwan yang populer dengan nama Makar. Perusahaan ini aslinya punya nama Mind & Idea Fly Co. Ltd. Perusahaan ini merupakan pengembang solusi berbasis Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Salah satu produk andalannya adalah platform Makar, makanya perusahaan ini dikenal dengan nama Makar atau nama lainnya Mifly, singkatan dari Mind & Idea Fly Co. Ltd. 

Platform Makar memungkinkan pengguna lintas bidang seperti pendidikan, profesional bisnis, pemasaran, konstruksi dan arsitektur, manufaktur, hiburan, wisata dan badan pemerintahan menciptakan sebuah penampilan konten dengan sentuhan AR atau VR. 

Dikutip dari Crunchbase, Selasa 21 Mei 2019, Makar berdiri pada 20 Agustus lima tahun lalu dan berkantor pusat di wilayah Asia Pasifik. Perusahaan ini punya karyawan sekitar 11-50 orang. 

Dengan pelacakan dan pengenalan wajah sebagai teknologi inti, Makar telah mengembangkan puluhan modul layanan aplikasi mobile AR atau VR inovatif. Dalam menciptakan solusi inovatif ini, Makar melibatkan teknologi lain yakni komputasi awan (cloud), mesin pembelajaran (machine learning), analisis big data, interaksi multimedia. 

Kalau kamu penasaran dengan Makar, carilah di pusat aplikasi Play Store, kamu bisa menemukan aplikasi Makar. 

Dalam deskripsi aplikasi di pusat aplikasi Android itu, Makar digambarkan sebagai platform untuk menciptakan konten AR dan VR menjadi lebih mudah, intuitif, dan terjangkau. Aplikasi Makar telah diunduh lebih dari 10 ribu kali. Aplikasi Makar dihadirkan untuk memudahkan siapapun dengan bebas menciptakan proyek AR maupun VR. 

Produk lain dari Makar yakni Makar Editor, aplikasi mobile, konten edukasi, proyek kustom dan Makar SDK.