Startup Media Ini Bidik Milenial Indonesia Lewat Konsep Berbagi Konten

Ilustrasi startup.
Sumber :
  • Medium

VIVA – Perusahaan rintisan atau startup media online kecantikan dan gaya hidup asal Singapura, Clozette, menerima pendanaan Seri C sebesar US$10 juta atau sekitar Rp139,8 miliar dari Cool Japan Fund, sebuah badan pemberi dana swasta di bawah Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang.

Sebelumnya, mengutip Straitstimes, Clozette meraih pendaan Seri B sebesar US$3 juta (Rp42 miliar) dari Walden International dan Phillip Private Equity pada 2013, serta Seri A sebesar US$1,5 juta (Rp21 miliar) dari Walden International pada 2011.

Pendanaan terbaru ini dilakukan berdasarkan periode pertumbuhan dan profitabilitas Clozette yang pesat, di mana pertumbuhan pendapatan pada 2018 berhasil mencapai lebih dari 140 persen. Pertumbuhan bisnis ini pun didukung oleh tingginya kontribusi pasar Clozette Indonesia, yaitu sebesar 200 persen.

"Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia dengan populasi generasi milenial yang tinggi. Ini adalah pasar potensial bagi kami," kata Pendiri dan Kepala Eksekutif Clozette, Roger Yuen, di Jakarta Rabu, 26 Juni 2019.

Pada kesempatan yang sama, Country Manager Clozette Indonesia, Rolly Pane, menjelaskan bahwa Clozette menciptakan strategi pembuatan konten storytelling yang dipadukan dengan otentikasi editorial yang disesuaikan dengan keinginan pembaca.

Menurutnya, sejak 2010, Clozette berhasil berkembang dengan pesat dan telah tersebar di empat negara di Asia Tenggara dan Jepang. Platform Clozette juga mengusung konsep user-generated content, di mana pembaca atau pengunjung dapat berbagi konten.

"Kami juga rutin menggelar berbagai kegiatan offline bersama komunitas. Konten yang kami hadirkan di Clozette adalah fesyen, hijab, kecantikan dan gaya hidup. Platform Clozette juga mempertemukan antara brand dengan konsumen," ungkap Pane.

Adapun menurut COO dan CIO Cool Japan Fund, Yuji Kato, menyebut alasan memberi pendanaan Seri C kepada Clozette karena terkesan dengan visi dan kemampuan manajemen Clozette dalam memahami keinginan pembaca dan menyajikan konten yang sesuai dan menarik.

“Kami melihat Indonesia dan Asia Tenggara sebagai salah satu top priority market, terutama konsumen milenialnya,” ujar Kato.

Clozette didukung kuat oleh Walden International dan Phillip Private Equity, sehingga menghadirkan konten merek yang menggabungkan kreasi orisinal yang dihasilkan oleh lebih dari 3.500 kreator dengan jangkauan sosial kolektif yang melebihi 600 juta jangkauan.