Kredivo Dapat Suntikan Dana dari Telkomsel

Kredivo mendapat pendanaan dari Telkomsel Mitra Inovasi
Sumber :

VIVA – Startup bidang finansial Kredivo, memperoleh pendanaan baru dalam jumlah yang tak disebutkan dari Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) – anak perusahaan Telkomsel di bidang strategic investments, bersama MDI Ventures. Pengumuman pendanaan tersebut berlangsung Rabu, 3 Juli 2019 melalui keterangan pers. 

Kredivo merupakan startup dengan produk inovatif berupa alternatif metode pembayaran digital yang menawarkan berbagai pilihan metode dan jangka waktu pembayaran. Produk ini memungkinkan pembayaran dalam jumlah besar menjadi lebih terjangkau karena proses cicilan. 

Untuk mengakomodasi hal tersebut, Kredivo menggunakan data science dalam algoritma penilaian kredit (credit-scoring) yang dikombinasikan dengan sejumlah pengukuran data historis guna menentukan kelayakan kredit, sehingga dapat membuka akses untuk pemberian kredit bagi kelompok konsumen baru.

Kredivo selama ini telah membantu transaksi pembayaran para pemain besar di e-commerce seperti Tokopedia, BukaLapak, Shopee, dan sistem kasir online Moka untuk terus berkembang serta menawarkan pilihan pembayaran online yang mudah dan fleksibel kepada pelanggan mereka.

CEO TMI, Andi Kristianto menegaskan investasi TMI untuk Kredivo terutama dilatarbelakangi oleh solusi pembayaran Kredivo yang lebih fleksibel yang berhasil menyelesaikan permasalahan yang dihadapi segmen profesional muda dalam mendapatkan kredit konvensional. 

“Kerja sama Telkomsel dan Kredivo tidak hanya bertujuan untuk menyediakan solusi pembayaran yang lebih fleksibel dan terjangkau untuk segmen profesional muda, tapi sekaligus  untuk memajukan ribuan pengusaha retail Indonesia dengan memberikan alternatif layanan finansial yang dapat menjangkau segmen pelanggan yang lebih luas," jelas Andi.

"Sehingga pada akhirnya kerja sama ini diharapkan dapat membangun produk finansial yang terpercaya dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat”, tambahnya.

CEO FinAccel, Akshay Greg mengatakan, “Kami senang atas dukungan dari Telkomsel. FinAccel (Kredivo) dan Telkomsel memiliki tujuan yang sama dalam membangun produk finansial yang terpercaya dan mampu menghilangkan kesulitan transaksi, serta membuat pembelian menjadi lebih terjangkau."

Sementara itu, CEO MDI Ventures, Nicko Widjaja, mengatakan, “Kerja sama ini sangat menguntungkan karena kedua belah pihak dapat ‘go-to-market’ secara bersama-sama, menjangkau pelanggan Telkomsel yang luas dan memberikan layanan dengan nilai tambah yang signifikan kepada mereka.”

Pertumbuhan pengguna internet dan smartphone untuk e-commerce telah berdampak signifikan bagi transaksi keuangan di Indonesia: lebih sedikit konsumen dan perusahaan yang membayar dan dibayar secara tunai, dan penggunaan kartu kredit – baik virtual maupun fisik – tengah meningkat. 

Dengan kurang dari 10 persen pengaju kredit yang berhasil memperoleh produk kredit secara tradisional, Kredivo ingin memperluas akses ke permodalan, yang mereka yakini mampu membantu membangun perekonomian Asia Tenggara yang sudah bertumbuh. (ann)