Fitur Bayar di Belakang, Grab Ikut-ikutan Gojek

Grab Pay
Sumber :
  • Instagram/@varieteaexpress

VIVA – Layanan transportasi daring, Grab mengenalkan metode pembayaran baru PayLater di Singapura. Fitur ini bisa digunakan untuk layanan transportasi, Grab Food dan semua layanan yang ada di aplikasi. Grab ikut-ikutan Gojek merilis fitur bayar di belakang ini. Sebab Gojek sudah menghadirkannya di Indonesia. Untuk bisa menggunakan fitur bayar di belakang ini, pengguna Grab perlu mengaktifkan fitur PayLater? di aplikasi.

Dilansir dari laman The Star Online, Jumat 5 Juli 2019, fitur PayLater? perlu diaktifkan melalui aplikasi dan pengguna akan menerima jumlah pembayaran selama sebulan selama menggunakan aplikasi tersebut. Ada batasan nominal yang disetujui untuk penggunaan PayLater. Namun tidak disebutkan, apakah pengguna atau perusahaan yang menentukan jumlahnya.

Menggunakan metode pembayaran baru ini juga tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk pengguna. Grab memberikan waktu tujuh hari kepada pengguna untuk melunasi pembayaran PayLater pada jatuh tempo. Grab belum menjelaskan bagaimana mekanisme jika ada pengguna yang tidak dapat melunasi pembayaran PayLater tersebut.

Layanan ini baru sejauh ini baru tersedia di Singapura, dan belum ada tanda-tanda untuk diperluas ke negara lain, seperti Indonesia dan Malaysia. Dalam keterangan di situs perusahaan, Grab menuliskan tiga poin penggunaan PayLater.

Pertama, jika pengguna membayar tepat waktu maka Grab tidak akan memberi biaya tambahan. Kedua, PayLater bisa digunakan untuk semua layanan. Kemudian tidak perlu lagi melakukan pendaftaran dan aktivasi, bisa melalui aplikasi. Terakhir pembayaran tagihan bulanan itu akan menggunakan saldo di GrabPay.

Meskipun fitur ini belum hadir di Grab Indonesia, namun Gojek sudah lebih dulu mengadopsinya dengan kemitraannya bersama Findaya. Caranya dengan mengklik menu lainnya dalam fitur Go-Pay, kemudian kamu akan menemukan fitur PayLater.

Ada tiga poin yang Gojek tawarkan ke pengguna, yakni pesan sekarang bayar akhir bulan, langsung pakai hingga Rp500 ribu dan gratis biaya di bulan pertama. Untuk biayanya ialah Rp25 ribu per bulan, dan gratis untuk bulan pertama dan pembayarannya dilakukan melalui Go-Pay.