9 Startup Appcelerate 2019 Ini Diminta Majukan Ekosistem Digital

Startup pemenang kompetisi Dokum
Sumber :
  • Dokumen Lintasarta

VIVA – Sembilan usaha rintisan digital atau startup terbaik telah terpilih sebagai pemenang di ajang Lintasarta Appcelerate 2019. Appcelerate diselenggarakan oleh Lintasarta dengan menggandeng tiga perguruan tinggi negeri yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Sembilan startup itu diharapkan bisa berkontribusi dalam kemajuan ekosistem digital di Tanah Air.

Sembilan startup tersebut adalah Mechlab (EKYC), SIAB (IoT Water Treatment and Management), Nusantera (IoT Smart Energy), Lokapoin (Smart Tourism Local Experience), InvesProperti (Fintech), Mounev (Learning Management System), Sidak Debitur (Sistem Informasi dan Data Analisis Karakter Debitur), Guarddio (Building and Residence Security Apps) dan CodeDirect (Trafict Management System).

"Mereka (9 startup) semua bagus, semua terbaik. Nantinya produk-produk dari Appcelerate akan kita bantu pasarkan ke pelanggan-pelanggan Lintasarta," ujar President Director Lintasarta Arya Damar, dalam keterangannya, Kamis 11 Juli 2019.

Arya mengatakan, Lintasarta akan terus memberikan dukungan kepada startup-startup jebolan Appcelerate mulai dari infrastruktur dan mentoring. Dia berharap melalui program Appcelerate, startup yang terpilih dapat memberikan kontribusi dalam kemajuan ekosistem digital dengan inovasi yang diberikan serta bersama-sama membangun Indonesia berkembang ke arah yang lebih baik.

Sembilan startup di atas merupakan startup yang terpilih setelah mengikuti masa inkubasi dan akselerasi selama 6 bulan. 

Sembilan startup tersebut mendapat penilaian terbaik dari dewan juri mengalahkan kandidat lainnya dan juga dinilai memenuhi kategori problem solving, usefulness, memiliki nilai komersial, dan nilai bisnis. Para dewan juri adalah jajaran direksi, general manager Lintasarta, pakar dari industri finansial, pemerintahan, serta pimpinan inkubator bisnis dari tiga perguruan tinggi.

Setelah presentasi di depan para tamu undangan, dalam acara Awarding Appcelerate yang bertempat di Auditorium Kedasi, Jakarta diumumkan tim terbaik dari setiap universitas yaitu Lokapoin (ITB), Sidak Debitur (ITS), dan Mechlab (UGM). 

Ketiga startup tersebut masing-masing mendapatkan dukungan pengembangan bisnis dan kerja sama dengan Lintasarta untuk masuk ke pasar Business to Business (B2B).

Lintasarta Appcelerate merupakan ajang pembuatan rencana bisnis dalam bentuk inovasi produk atau aplikasi digital, seperti aplikasi mobile, yang memiliki nilai bisnis dan dapat diterapkan untuk mendukung berbagai sektor industri finansial, smart city, manufaktur dan e-health.

Lintasarta Appcelerate telah dimulai sejak 2016 dan rencananya akan tetap dikembangkan bekerja sama dengan universitas-universitas dan pemerintah provinsi lainnya di Indonesia. (ali)