Demi Percepat Inovasi, Oppo Bikin Pusat Litbang di China

Pabrik Oppo di Dongguan, Guangdong, China
Sumber :
  • Dokumen Oppo

VIVA – Oppo segera mendirikan pusat penelitian dan pengembangan baru di Chang'an, Dongguan, China. Upaya yang mereka lakukan ini guna mempercepat dan meningkatkan inovasi pada teknologi smartphone

Menurut keterangan resmi perusahaan, Senin 15 Juli 2019, setelah pembangunan selesai area ini rencananya akan berfungsi sebagai kawasan teluk antara Guangdong–Hong Kong-Makau dan menampung 5.000 tenaga kerja. Pembangunan ditaksir menghabiskan US$1,46 miliar. 

Wakil Presiden Oppo, Eric Zhu mengatakan, perusahaan sangat senang telah meresmikan pembangunan pusat litbang, yang akan memainkan peran strategis perusahaan dalam upaya penelitian dan pengembangan, serta meningkatkan kemampuan dan mempercepat implementasi inovasi teknologi pada produk selanjutnya.

“Proyek ini akan dibangun dengan standar tertinggi industri dan kami tidak akan menyia-nyiakan upaya dalam membuat pusat litbang baru, sebagai prakarsa koridor inovasi sains dan teknologi di kawasan Guangzhou-Shenzhen, serta membantu meningkatkan pengembangan poros Guangdong-Hong Kong-Makau Greater Bay Area,” ujarnya. 

Selain sebagai pengembangan dan penelitian, lokasi ini juga difungsikan untuk pengujian perangkat cerdas, termasuk smartphone dan produk Internet of Things (IoT). Hal ini juga menjadi salah satu upaya Oppo dalam menyediakan perangkat dan layanan canggih untuk era konektivitas cerdas. 

Pusat litbang di Chang’an dirancang oleh firma arsitektur global terkemuka, Kohn Pedersen Fox Associates dengan puluhan konsultan profesional. Pembangunan akan mencakup area seluas 82 ribu meter persegi. Akan ada 10 menara kaca yang digunakan untuk kantor, pusat pengembangan bakat, pusat litbang, pusat penelitian internet seluler dan pusat pengujian. 

Perusahaan yang berbasis di China ini juga turut berpartisipasi aktif sebagai pengembangan klaster industri teknologi tinggi. Pada Februari lalu Oppo juga mengumumkan pembangunan jaringan pusat produksi di Chang'an. (ali)