Startup Lokal Triplogic Siap Didik UKM sampai 'Matang'

Startup Triplogic.
Sumber :
  • Dok. Triplogic

VIVA – Era revolusi industri 4.0 bukan hanya persaingan teknologi, tetapi kualitas sumber daya manusia (SDM) juga menjadi faktor kunci. Saat ini tantangan sektor usaha kecil dan menengah (UKM) dan startup digital adalah SDM dan kesempatan berkolaborasi.

“Kami akan menjadikan UKM dan startup digital terpilih bagian dari Triplogic-ecosystem, sehingga semua akan tumbuh bersama dan saling menguntungkan," kata Kepala Eksekutif Triplogic, Oki Earlivan, lewat keterangannya, Rabu, 17 Juli 2019.

Ia juga mengaku Triplogic memfokuskan pada seleksi UKM dan startup digital, bisnis matching, dan akses permodalan untuk meningkatkan kapabilitas usaha.

"Kami salah satu startup logistik on-demand yang telah bekerja sama dengan ribuan UKM, warung, dan perusahaan e-commerce untuk membangun ekosistem rantai pasokan yang kuat sehingga proses pengiriman barang menjadi lebih mudah dan efisien," ungkap Oki.

Selain layanan logistik, ia melanjutkan, Triplogic juga membantu dalam memberikan akses permodalan bagi para UKM yang telah bermitra dengannya. Oleh karena itu, Triplogic menggandeng Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB) dalam membangun program pengembangan bisnis UKM dan startup digital.

Oki menuturkan bahwa kerja sama ini mencakup bidang pelatihan dan pembinaan, akses permodalan, inkubasi bisnis, dan kolaborasi antar UKM.

Sementara itu, Wakil Dekan Sumberdaya SBM-ITB, Aurik Gustomo, menyambut baik kerja sama strategis tersebut. Ia juga menuturkan Triplogic mampu hadir sebagai startup teknologi yang dapat memberikan dampak sosial dan dapat meningkatkan kesejahterhaan masyarakat.

“Dengan adanya kemitraan strategis dengan Triplogic, maka hal ini dapat membuka peluang bagi para mahasiswa ITB untuk bertukar pikiran dan pengalaman untuk mempersiapkan mereka sebelum ke jenjang berikutnya,” tutur dia.

Dalam kerja sama ini pula, SBM-ITB akan berperan dalam memberikan fasilitas, sarana dan prasarana, serta pelatihan kewirausahaan kepada para UKM dan startup digital terpilih untuk mendapatkan kesempatan pembinaan.

"Kami berharap bahwa dengan hadirnya pusat pengembangan SBM-ITB dan Triplogic bisa menumbuhkan para pengusaha baru yang mampu bersaing dalam industri digital dan mencetak entrepreneur kelas dunia," kata Aurik.