Kerja Sama Gopay-DMI, Sedekah di Masjid Bisa Scan QR Code

Gopay dan DMI bekerja sama mendorong digitalisasi masjid
Sumber :

VIVA – Gopay dan Dewan Masjid Indonesia (DMI), hari ini mengumumkan kerja sama strategis mendorong digitalisasi masjid di Indonesia. Kerja sama tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman saat acara Milad DMI di Jakarta.

Dalam keterangan pers, Gopay, Kamis, 18 Juli 2019, melalui kerja sama ini, Gopay akan memperkenalkan inovasi donasi digital berupa kode QR kepada ratusan ribu masjid di seluruh Indonesia yang berada di bawah naungan DMI. 

Bagi Gopay, upaya ini merupakan bagian dari konsistensinya menyebarluaskan manfaat dan kemudahan donasi digital kepada masyarakat luas yang sebelumnya telah diwujudkan melalui inisiatif GO-PAY for GOOD. 

Acara penandatanganan Nota Kesepahaman ini disaksikan Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla.

CEO Gopay, Aldi Haryopratomo mengatakan, “Sebagai perusahan fintek, kami merasa bangga dan terhormat bisa bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia yang memiliki komitmen untuk memudahkan masyarakat dalam beribadah, termasuk dalam berdonasi," dikutip dari keterangan tertulis.

"Kami berharap dengan terjalinnya kerja sama ini, semakin banyak masyarakat yang berdonasi, dan pengurus masjid juga dimudahkan dengan pengumpulan donasi yang aman dan transparan,” tambahnya.

Dalam jangka panjang, Aldi menambahkan, donasi digital memiliki potensi untuk turut membantu membangun Indonesia yang lebih sejahtera secara merata.

Inovasi donasi digital di masjid mulai diperkenalkan Gopay sejak Mei 2018. Saat ini, donasi digital dengan kode QR Gopay telah dimanfaatkan oleh lebih dari 300 masjid dan yayasan nirlaba termasuk Masjid Istiqlal Jakarta, Masjid Siti Djirzanah Yogyakarta, dan Masjid Baiturrahman Aceh.

Antusiasme masyarakat terhadap donasi digital di masjid juga ditunjukkan dengan beberapa masjid yang memberikan kode QR masjidnya kepada para jamaah melalui aplikasi pengiriman pesan dan media sosial masjid tersebut.

Wakil Presiden Republik Indonesia dan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, H. Muhammad Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan bahwa tugas dan tujuan DMI adalah untuk meningkatkan ibadah dengan meningkatkan fasilitas, organisasi, dan pelaksanaan masjid menjadi lebih baik, salah satunya melalui kemudahan dalam berdonasi. 

“Hari ini, kita tandatangani (kerja sama) dengan Gopay sebagai bagian dari Gojek. Kenapa kita bekerja sama dengan Gopay, karena nantinya uang tunai di kantong kita akan berkurang dan semua transaksi mulai dari makanan dan sebagainya akan menggunakan handphone, sehingga menyumbang (ke masjid) pun akan semaking gampang,” ujar Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla pun berterima kasih kepada Gojek atas kemampuan aplikasinya dalam membangun sistem. “Masjid ada di mana-mana, dan GOJEK juga ada di mana-mana. Jadi hal ini bisa menghubungkan masjid dengan UKM. Nanti, jemaah yang bikin usaha bisa dibantu dengan jalur-jalur pemasaran Gojek,” ungkap Jusuf Kalla. (ann)