Ganti Logo, Gojek: Kami Tak Khianati Asal-Usul

Logo baru Gojek.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Perusahaan rintisan unicorn asal Indonesia, Gojek mengenalkan perubahan logonya per hari ini. Startup besutan Nadiem Makarim itu mengganti logo lama dengan logo baru yang dinamai Solv. Alasan Gojek mengenalkan logo baru Solv yaitu ingin mewakili semua solusi dari masalah sehari-hari. 

Gojek mengatakan, Solv merupakan bentuk universal dari beragam solusi. Gojek menginginkan menjadi solusi bagi masalah yan dihadapi pengguna. Selain itu, Solv mewakili komitmen Gojek untuk menyediakan solusi tanpa repot kepada pengguna. 

Pendiri dan Kepala Eksekutif Gojek, Nadiem Makarim menjelaskan alasan perusahaan mengenalkan logo baru. 

"Kami bicara evolusi hari ini, makanya kita kenalkan simbol baru kita. Pertama kenapa ada rebranding logo kita, alasannya Gojek ini sudah terlalu berubah dari awal usulnya," ujar Nadiem di Jakarta, Senin 22 Juli 2019.

Dia menuturkan, perubahan logo itu juga dilandasi dari keluhan dari mitra ekosistem Gojek. Dia mengaku mendapatkan protes logo lama dari mitra merchant. Sebabnya, logo Gojek lama cuma mewakili mitra pengemudi roda dua saja.

"Kita harus bisa mewadahi berbagi macam perchant, payment, tak hanya driver motor. Merchant mengeluh kok kenapa logonya kami nggak diwakili. Banyak stakeholder yang perlu kami wadahi, simbol baru yang tidak mengkhianati asal-usul kita dan membawa evolusi baru," jelasnya. 

Sisi universal tersebut, kata Nadiem, bisa dilihat ragam makna dari satu logo baru tersebut.

"Sengaja bisa dibikin macam-macam. Kalau logo di putar ke kanan bisa kayak search bar. Kalau diluruskan seperti mapping point. Kalau dilihat dari atas, kayak driver gojek dengan helm melepaskan tangan dari tas dari atas. Kalau dilihat hati-hati, itu sama persis seperti ikon roda pada simbol awal kita," ujarnya.