Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 23 Juli 2019 | 20:03 WIB

Pengguna Grab Berhasil Raup Untung Lebih dari Rp46 Triliun

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • Instagram/@grabid
Pengemudi ojek online Grab Indonesia.

VIVA – Center for Strategic and International Studies atau CSIS melakukan penelitian mengenai surplus konsumen yang menggunakan penelitian acak atau random sampling pengguna Grab.

Surplus konsumen sendiri diartikan sebagai manfaat yang diperoleh konsumen dari pembelian barang atau jasa dengan harga yang lebih rendah dari jumlah harga yang sebenarnya mereka bayar.

Baca Juga

Sebagai contoh, ada pengguna yang bersedia membayar Rp200 ribu untuk perjalanan dari rumahnya ke Bandara Soekarno-Hatta. Tapi ketika memesan Grab, biayanya hanya Rp150 ribu. Artinya, pengguna mendapat surplus konsumen sebesar Rp50 ribu.

"Surplus konsumen ini ukuran kesejahteraan dari sisi konsumen. Surplus konsumen bisa menggambar empat aspek sekaligus dalam satu pengukuran seperti kesepatan, efisiensi, biaya, dan kualitas," kata Kepala Departemen Ekonomi CSIS, Yose Rizal di Jakarta, Selasa 23 Juli 2019.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Bos Taksi Malaysia: Indonesia di Hati Saya
TVONE NEWS - 11 bulan lalu
Terpopuler