Perusahaan Pembiayaan Bidik Pelanggan Unicorn Indonesia

Booth Bukalapak.
Sumber :
  • Twitter/@bukalapak

VIVA – Unicorn Indonesia Bukalapak dan perusahaan pembiayaan Home Credit Indonesia, bekerja sama menyalurkan pendanaan multiguna. Kerja sama ini memungkinkan pelanggan Bukalapak melakukan cicilan ke Home Credit untuk belanja di perusahaan besutan Achmad Zaky itu.

Chief External Affairs Home Credit Indonesia, Andy Nahil Gultom mengaku memilih mitra marketplace, karena potensi pertumbuhannya besar. Hal ini diperkuat oleh data McKinsey yang menyebutkan e-commerce di Indonesia bisa bertumbuh 8 kali lebih besar dari 2017.

Lonjakan pertumbuhan tersebut, lantaran dipengaruhi oleh penetrasi pengguna internet Indonesia yang mencapai 117 juta hingga akhir tahun lalu.

"Produk pembiayaan kami jadi bagian dari layanan finansial BukaPembiayaan yang sebelumnya terdiri atas BukaModal untuk mitra penjual dan BukaCicilan untuk konsumen," kata dia di Jakarta, Selasa, 23 Juli 2019.

Menurut Andy kemitraan ini juga bertujuan untuk mengembangkan bisnis pembiayaan online di Indonesia. Ia melihat bahwa produk yang saat ini banyak diminati pelanggan adalah gawai (gadget), elektronik, dan fesyen.

Fitur kredit baru Bukalapak ini dinamakan “Pembiayaan Tunai”. Pengguna Bukalapak bisa menemukan opsi ini dengan membuka tab “BukaPembiayaan” di aplikasi.

Lewat fitur baru ini, pengguna bisa mengajukan pinjaman berkisar Rp1 juta-Rp10 juta dengan durasi angsuran dari tiga hingga 12 bulan. Bukalapak dan Home Credit Indonesia mematok bunga tiga persen dan biaya administrasi Rp99 ribu untuk fitur ini.

Peninjauan pengajuan pinjaman akan dilakukan dalam waktu 30 menit. Jika berjalan mulus, pinjaman akan dikirim ke akun Dana yang menjadi dompet elektronik resmi Bukalapak.

Pada kesempatan yang sama, Director of Payment, Fintech and Virtual Products Bukalapak, Victor Lesmana berharap, langkah ini tidak menyulitkan persyaratan peminjaman.

"Dengan demikian kemitraan ini menjadi solusi finansial untuk pengguna Bukalapak mengakses pinjaman yang aman, cepat dan mudah," tuturnya.

Selain Bukalapak, Home Credit Indonesia telah bermitra dengan Tokopedia. Secara keseluruhan, Home Credit sudah ber-partner dengan 20 ribu toko dan 5.000 partner merek yang menghadirkan layanan pembiayaannya.