Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 24 Juli 2019 | 05:50 WIB

Tiga Ribu CCTV Akan Dipasang dalam GrabCar

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Putra Nasution (Medan)
Foto :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution
Head of Area Grab Sumatera, Anindita Rangkuti.

VIVA – Salah satu layanan milik Grab, GrabCar, akan memasang tiga ribu CCTV di dalam mobil mitra pengemudi atau driver. Hal ini bertujuan, untuk mencegah dan mengantisipasi tindakan kriminal, baik pelanggan maupun driver.

Head of Area Grab Sumatera, Anindita Rangkuti mengungkapkan, perusahaannya selalu mengedepankan keamanan bagi pelanggan dan driver. Adapun keberadaan CCTV ini, berkat kerja sama dengan JVKenwood.

Baca Juga

Selain CCTV, sejumlah fitur keamanan yang dimiliki pesaing Gojek ini antara lain, penyamaran nomor telepon (number masking), free call, verifikasi wajah pelanggan lewat selfie bersama driver, dan tombol darurat yang menghubungkan tiga kontak darurat jika terjadi insiden atau tindakan kriminal.

Ia juga mengaku terus mengembangkan dan melengkapi fasilitas keamanan, seperti pemasangan CCTV terpasang di dalam GrabCar. "Jadi, kami bisa terus memonitor ke mana pun mereka pergi," katanya di Medan, Sumatera Utara, Selasa 23 Juli 2019.

Terpopuler

Anindita menjelaskan, ketika melakukan perjalanan bersama Grab, apabila keamanannya merasa terancam, maka pelanggan cukup menekan tombol darurat dan sistem Grab akan secara otomatis mengirimkan pesan peringatan kepada kontak darurat yang sudah didaftarkan sebelumnya.

"Selain itu, sistem kami memberikan notifikasi kepada tim Customer Experience Grab yang akan segera menghubungi pelanggan," ungkap Anindita.

Kendati demikian, ia enggan merinci berapa jumlah persentase antara driver GrabCar perempuan dan laki-laki. "Dari sisi keamanan, sih, Medan tidak masuk ke dalam kategori bahaya kejahatan untuk transportasi online," jelas dia. (asp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Rekaman CCTV Detik-detik Septic Tank Meledak, Satu Tewas
BERITA - 7 hari lalu