Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 29 Juli 2019 | 19:13 WIB

LiteBig Klaim Jadi Super App, Ada Fitur 'Bisa Berkurban'

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Foto :
  • Dok. LIteBIG
Aplikasi LiteBig.

VIVA – Aplikasi karya anak bangsa LiteBig kini telah berubah menjadi aplikasi super atau super app untuk penuhi seluruh kebutuhan penggunanya hanya melalui satu aplikasi saja.

Kepala Eksekutif LiteBig, M. Tesar Sandikapura mengungkapkan, aplikasinya kini tidak hanya bisa digunakan untuk mengirimkan pesan instan saja, tetapi pada versi terbaru.

Baca Juga

Kali ini, LiteBig sudah bisa dimanfaatkan penggunanya untuk beragam kebutuhan online, seperti di antaranya media sosial hingga marketplace.

Super app adalah aplikasi yang menyediakan semua layanan dalam satu platform. Pengguna tidak perlu berpindah platform untuk melakukan transaksi. Semua transaksi dilakukan dalam aplikasi.

Terpopuler

Nah, di Asia Tenggara, dua raksasa ride-hailing (berbagi tumpangan) Gojek dan Grab yang mengklaim dirinya sebagai super app. Di luar Asia Tenggara, ada WeChat milik Tencent asal China yang sudah menjadi super app.

"Kami sudah berubah menjadi super app yang hadir pertama di Indonesia. Ini murni karya anak bangsa, karena gabungan dari Whatsapp dan media sosial seperti Facebook dan marketplace, yang dilakukan dalam satu aplikasi LiteBig," kata Tesar, lewat keterangannya, Senin, 29 Juli 2019.

Menurutnya, beberapa fitur yang menjadi andalan LiteBig adalah kulBig atau Kuliah LiteBig. Lewat fitur kulBig, pengguna yang berada di bangku kuliah bisa mendapatkan pelajaran dari praktisi langsung dan para ahli yang ada di bidang mata kuliah tersebut, serta berjalan interaktif atau dua arah.

"Kelebihan fitur ini adalah materi tidak mudah untuk diduplikasi, karena sudah dilengkapi dengan fitur keamanan mulai dari screenshot dan melanjutkan pesan," jelas dia.

Tesar mengaku inovasi terbaru lainnya yang dimiliki oleh aplikasi LiteBig, yaitu menjalankan banyak file. Artinya, mampu menampung file lebih banyak untuk urusan berkirim pesan, tidak hanya mendukung file berbasis teks.

"Aplikasi ini juga mendukung beragam format seperti jpeg, ppt, zip, mp4, bahkan exe. Ukuran file yang mampu dikirim berukuran maksimal hingga 50MB," ungkapnya.

Selanjutnya, grup yang lebih banyak menampung. Tesar mengatakan bahwa selain kebutuhan chat secara personal, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membentuk grup chat.

Kapasitas pengguna dari grup chat mampu mencapai 10 ribu orang anggota sehingga sangat cocok untuk berbagai komunitas.

"Anggota dari grup chat itu juga dapat melakukan pengutipan pesan (quote message). Dari sisi keamanan, aplikasi ini akan melakukan enkripsi terhadap semua pesan atau data yang dikirim. Fitur lainnya ada SocioCommerce dan liteCash," papar Tesar.

Terakhir, bisa berkurban. Ia menuturkan pengguna LiteBig bisa menjalankan kurban melalui aplikasinya, karena telah bekerja sama dengan berbagai PKPU Lembaga Kemanusiaan Nasional untuk menyalurkan kurban pengguna dengan tepat sasaran.

"Pengguna bisa memilih hewan kurban yang diinginkan dan memilih lembaga kurban yang ada di LiteBig. Nantinya, lembaga ini akan menyalurkan hewan kurban secara tepat sasaran dan merata," tegas Tesar.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Bos Taksi Malaysia: Indonesia di Hati Saya
TVONE NEWS - 3 bulan lalu