Untuk Penumpang Ojol yang Tak Tega Bayar Driver Rp1000 Saja

Layanan Gojek.
Sumber :
  • Instagram/@gojekindonesia

VIVA – Bayar ojek online hanya Rp1000? Pelanggan pasti tahu banget kalau itu sering terjadi saat masa promo. Misalnya tarif awal Rp10 ribu, karena ada potongan harga, penumpang hanya perlu membayar seribu saja. Namun ini tak berlaku setiap hari, alias hanya sesekali saja.

Umumnya orang pasti akan senang jika diberi potongan harga. Akan tetapi jika hanya membayar ongkos Rp1000 saja, rupanya banyak penumpang yang tak tega. Sehingga terkadang mereka yang murah hati akan memberikan uang tip sebagai tambahan untuk driver. 

Ketidaktegaan penumpang membayar ongkos Rp1000 itu rupanya juga diketahui oleh driver. Seperti diungkap akun Twitter Gojek yuy @ryan_nus, pada Senin, 29 Juli 2019. Ia malah menyarankan supaya penumpang memanfaatkan voucher potongan harga.

"Buat customer yang dapet diskonan dan suka gak tegaan bayar cuma seribu duaribu. Tenang.. Itu disubsidi pihak aplikasi, driver tetep dapet full, masih dapet bonus juga. Terus abisin voucher-nya, sayang kalau gak dipake."

Bersama cuitan itu juga disertakan foto tangkapan layar yang memperlihatkan tagih tunai Rp1000 dan Gojek Deposit Rp7000, serta rating untuk customer. 

Warganet pun ramai menanggapi cuitan ini dengan beragam respons. Sebagian mereka merasa lega dengan penjelasan bahwa driver tetap mendapatkan haknya secara penuh meski penumpang diberi diskon besar. Sebagian lainnya memuji tindakan pemilik akun. 

Barangkali memang terasa segan bagi sebagian orang ketika mereka membayar jasa transportasi ojek online dengan hanya menyerahkan uang senilai Rp1000 ribu. Nominal tersebut sepertinya tak sebanding dengan kemudahan yang didapat dari layanan berbasis aplikasi dan jerih payah driver. Namun salah satu warganet menyebut, jika demikian sebaiknya tak perlu bayar cash alias menggunakan Gopay. Sehingga pembayaran hanya memotong saldo. Ingin memberikan tip lebih pun dapat dilakukan melalui aplikasi. (dhi)