Riset: Jadi Mitra Gojek, Hidup Terselamatkan dan Bahagia

Gojek pakai PCX Electric
Sumber :
  • 100kpj

VIVA – Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengungkapkan keuntungan di luar manfaat ekonomi yang diperoleh mitra Gojek. Salah satu hasil penelitian menunjukkan mitra Gojek mengalami banyak emosi positif dengan beragam alasan. Riset tersebut mengungkapkan mitra Gojek merasa kehidupan mereka terselamatkan dan bahagia.

"Tadinya kerja di Gojek alasan ekonomi enggak dapat kerja di tempat lain. Mereka merasa terselamatkan. Menjalani hidup dan membiayai hidup mereka," ujar Peneliti LD FEB UI, Bagus Takwin, di Jakarta, Rabu 7 Agustus 2019. 

Dalam penelitian 'Makna Kerja, Tingkat Kepuasan, dan Well-Being Mitra Gojek Indonesia', LD FEB UI melibatkan 201 orang responden dengan rincian 109 laki-laki dan 92 perempuan. 

Responden merupakan seluruh mitra layanan yang ada pada Gojek seperti Go Ride, Go Massage, Go Clean, dan Go Auto yang sudah bekerja minimum enam bulan terakhir. Penelitian itu dilakukan di 9 wilayah, Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Balikpapan, Makassar dan Palembang. 

Selain emosi positif, responden mengaku kehidupan mereka senang sebab sejumlah masalah ekonomi bisa teratasi. 

Penelitian itu juga mengungkapkan, mitra Gojek merasa keterlibatan dan tertantang saat menjalani pekerjaan. Dengan menjadi mitra, responden akan mengeluarkan keterampilan, kekuatan, dan perhatian sepenuhnya saat bekerja. 

Mitra Gojek juga merasa pekerjaan mereka memiliki makna karena bisa mengurangi masalah dari orang lain. 

"Pencapaian membuat mereka lebih bahagia. Selain pencapaian kepuasan pelanggan. Dari waktu ke waktu ada kondisi lebih baik. itu memberikan perasaan bahagia," kata dia. Bagaimana menurutmu dengan kondisi kehidupan mitra Gojek tersebut?