'Diskon' Besar, Tumblr Dijual ke Pemilik Wordpress

Tumblr.
Sumber :
  • Flickr/Cuckingfunts

VIVA Verizon akan menjual media sosialTumblr pada perusahaan pemilik Wordpress, Automattic dengan harga di bawah nilai jual sebelumnya. Pada 2013, Yahoo membeli Tumblr dengan nilai US$1 miliar atau Rp15,6 triliun sebelum dijual ke Verizon. Nah belakangan, Verizon ‘mendiskon’ Tumblr dengan harga cuma US$20 juta atau Rp285,5 miliar.  

Dilansir Fortune, Selasa 13 Agustus 2019, hingga saat ini belum ada ketentuan penjualan yang terungkap. Namun menurut laporan Axios, Tumblr dibanderol dengan harga Rp285,5 miliar. 

Jika angka itu benar, akan menjadi diskon besar-besaran harga Tumblr. Setelah dibeli Yahoo, pesona Tumblr merosot. Pada awal 2016, Yahoo menurunkan nilai jual Tumblr menjadi US$230 juta atau Rp3,2 triliun. Diskon terus berlanjut hingga 2017, saat seluruh Yahoo dijual ke Verizon hanya US$4,48 miliar atau Rp63,9 triliun.

Tumblr pada beberapa hal mirip dengan Instagram. Walaupun memiliki kemampuan teks, platform ini bertindak untuk pengguna bisa mengunggah gambar dan sejumlah fitur di platform tersebut. 

Namun saat Instagram menjadi raksasa teknologi setelah dibeli Facebook, Yahoo dan Verizon membuat langkah yang salah pada Tumblr. 

Keputusan manajemen Yahoo dikabarkan membuat gejolak pada staf serta kehilangan tujuan penjualan untuk Tumblr. Setelah penjualan Yahoo, media grup Yahoo memilih untuk melarang konten dewasa di Tumblr pada 2018.