Era Digital, Sistem CPA Jadi Andalan Bukalapak, Lho

Diksusi Growth Hacking Through Digital Marketing to Empower Your Business
Sumber :
  • Dokumen ACCESSTRADE Indonesia

VIVA – Era peralihan dari bisnis offline ke online saat ini membuat  tren penggunaan pemasaran digital akan terus populer di Indonesia. Adopsi pemasaran secara digital dan pemasangan iklan di berbagai platform akan terus meningkat. Dalam era digital, sistem Cost per Action atau CPA menjadi salah satu andalan Bukalapak.

Platform perdagangan digital Bukapalak merasakan hal tersebut. Selain menggunakan pemasangan iklan dari Facebook dan Google, Bukalapak juga menggunakan jasa pemasaran afiliasi. Salah satunya yakni platform afiliasi ACCESSTRADE Indonesia yang sudah digunakan sejak tahun lalu. 

"Affiliate marketing bermanfaat bila kita ingin mengejar performa sales yang baik. Kita juga memasarkan secara efisien dengan affiliate," ujar Digital Marketing Manager Bukalapak, Yudhistira Ditya Pratama dalam diskusi Growth Hacking Through Digital Marketing to Empower Your Business dikutip Kamis 15 Agustus 2019.

Yudhis menuturkan, saat ini Bukalapak tak hanya mengejar kesadaran pengguna atas merek. Tapi salah satu unicorn asal Indonesia ini juga menargetkan jumlah transaksi, jumlah pengguna dan nilai penjualan barang tersebut. 

“Intinya lewat digital marketing kita dapat sesuaikan target market dengan produk yang ditawarkan," kata dia.  

Catatan saja, affiliate marketing hadir dengan menyediakan sistem CPA (Cost per Action), yang berarti pengiklan akan mengeluarkan biaya saat action/transaksi sudah terjadi dan disetujui. Action ini dapat disesuaikan bentuknya sesuai dengan kebutuhan para pengiklan.

Untuk pengiklan yang menjual produknya secara online, action dapat berupa sales atau penjualan. Bagi pengiklan yang membutuhkan data action, maka action akan berupa registrasi, begitu pula dengan pengiklan yang mempunyai aplikasi, action yang dapat dilakukan berbentuk pemasangan aplikasi. 

Hal ini tentu akan lebih menguntungkan dari segi biaya karena selama belum terjadi action, maka iklan dan trafik yang datang kepada mereka akan didapatkan secara gratis pada media penerbit. 

Sistem CPA yang digunakan juga akan membuat promosi lebih efektif dalam mencapai target yang diharapkan.

Selain dengan menggunakan CPA Model, affiliate marketing juga hadir untuk mempertemukan para pengiklan dan para pemasang iklan atau yang kita sebut dengan penerbit.

Sehingga affiliate marketing menjadi portal untuk memudahkan pengiklan mendapatkan jejaring media promosi online yang saat ini semakin berkembang, serta memudahkan penerbit untuk menemukan pengiklan yang sedang mencari penyedia promosi online.

Sedangkan Kepala Eksekutif ACCESSTRADE Indonesia Prayudho Rahardjo mengatakan, dewasa ini transisi periklanan dan pemasaran kian pesat. Pebisnis pun mengubah strategi untuk meraih tujuan utama bisnis serta faktor pendukung terpenting. 

Selain keduanya, dalam diskusi tersebut hadir sebagai narasumber yakni Business Director Digenesia Usman Raezra dan Head of Ecommerce Kalbestore, Bambang Triharto.