Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 10 Oktober 2019 | 22:26 WIB

Indeks Literasi Asuransi RI 15 Persen, Butuh Campur Tangan Teknologi

Team VIVA »
Siti Sarifah Alia
Foto :
  • U-Report
Asuransi kesehatan.

VIVA – Semakin pesatnya perkembangan teknologi digital sangat membantu banyak sektor. Layanan e-commerce yang memudahkan pelanggan untuk belanja online kebutuhan utama, maupun tambahan dihadirkan dalam satu genggaman lewat smartphone. Kita tentu sudah akrab dengan online shop dan yang terakhir adalah fintech atau financial technology. 

Tidak mau ketinggalan dengan kecanggihan teknologi untuk bisnis, beberapa perusahaan asuransi juga mulai memanfaatkan teknologi dari sisi operasional maupun pemasaran produk. Dengan memanfaatkan teknologi, masyarakat lebih mudah mencari informasi seputar produk asuransi dengan detail sesuai kebutuhannya tanpa khawatir “dicereweti” oleh para agen asuransi. 

Baca Juga

Lahir dari kebutuhan masyarakat terhadap layanan yang serba praktis, merambahnya asuransi ke ranah digital menjawab kerepotan yang sempat dikeluhkan oleh sulitnya membeli asuransi. Dari istilah yang sukar dipahami, hingga cara membeli dan klaim yang serba mudah.  Nasabah juga dimungkinkan untuk memilih sendiri asuransi yang diinginkan sesuai anggaran dan kebutuhan. 

Inilah yang menjadi landasarn diluncurkannya Lifepal pada awal 2019. Lifepal merupakan platform all-in-one untuk membandingkan dan membeli produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sesuai dengan preferensi pelanggan. 

Terpopuler

Melalui situs ini, masyarakat dapat dengan mudah dan transparan mencari asuransi sesuai kebutuhan dan anggaran mereka. Lifepal telah bekerjasama dengan lebih dari 20 perusahaan asuransi untuk memberikan ragam layanan dan produk asuransi terbaik untuk individu, keluarga, hingga perusahaan.

"Kami percaya bahwa dengan perlindungan finansial yang baik, semua orang dapat menikmati hidup yang stabil dan tenang bersama orang terkasih. Misi kami adalah memberikan akses perlindungan kesehatan dan jiwa kepada semua orang. Melalui situs Lifepal, kami dapat menjangkau seluruh penduduk Indonesia tanpa batasan jarak dan waktu,” ungkap Benny Fajarai, Co-founder dan Head of Marketing Lifepal.

Kemudahan yang ditawarkan Lifepal ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengguna asuransi di tanah air. Seperti diketahui, data OJK pada 2017 menunjukkan rendahnya indeks literasi asuransi di Indonesia yaitu hanya 15,76%. Artinya hanya satu dari tujuh orang Indonesia yang terdata memiliki asuransi. Angka ini jauh di bawah rata-rata persentasi kepemilikan asuransi di dunia yaitu 6,1%

Tantangan geografis, kurangnya akses informasi, serta istilah seputar dunia asuransi adalah beberapa alasan mengapa asuransi masih kurang diminati. Ditambah lagi kurangnya penjelasan mengenai jenis-jenis asuransi.  Karena itu, situs Lifepal tidak hanya memberikan referensi asuransi yang cocok berdasarkan kebutuhan nasabah tapi juga menyajikan informasi terkait finansial dan gaya hidup.

Dengan dukungan tim yang memiliki keahlian di bidang asuransi dan teknologi, Lifepal menjamin keamanan dan kenyamana pengguna selama berselancar di situs mereka. Tidak hanya itu, Lifepal juga berkomitmen berpihak penuh pada kepentingan pelanggan.  Oleh karena itu, proses membeli asuransi di Lifepal secara tidak langsung berjalan seperti konsultasi. Tim Lifepal telah menganalisa lebih dari 300 polis dari 20 perusahaan asuransi di Indonesia, khususnya polis kesehatan dan jiwa. Pelanggan hanya perlu menjawab pertanyaan dasar seperti data diri dan kebutuhan asuransi. Setelah itu, situs ini menggunakan algoritma canggih untuk memilih polis yang cocok dan merekomendasikannya kepada individu dan keluarga di Indonesia. 

Saat ini, sebagian besar masyarakat Indonesia membeli asuransi dari agen asuransi tradisional yang biasanya hanya menawarkan satu brand asuransi dan tidak memiliki banyak waktu untuk membantu layanan nasabah setelah transaksi selesai. Dengan hadirnya platform Lifepal, pelanggan dapat membandingkan pilihan asuransi yang lengkap dan transparan, melakukan pembelian dimana saja dan kapan saja dengan harga yang kompetitif, serta mendapatkan bantuan menyeluruh, bahkan setelah transaksi pembelian selesai. Tim Lifepal berkomitmen untuk membantu pelanggan 24 jam sehari dalam proses klaim, pertanyaan pelanggan, dan kebutuhan lainnya.

Reza Muhammad, Co-founder dan Head of Technology di Lifepal, mengatakan, “Kami percaya bahwa dengan memanfaatkan tim terbaik dan teknologi canggih, Lifepal dan mitra-mitra asuransi dapat memberikan informasi yang tepat dan transparan, sehingga bisa menjaga kepercayaan masyarakat dan memberikan layanan terbaik untuk nasabah.”

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kasus Jiwasraya, Siswi SD Ditampar dan Tarif Listrik
BERITA - 3 bulan lalu