5 Fitur Baru WhatsApp, Tak Leluasa Keluar Masuk Grup Lagi

Logo WhatsApp.
Sumber :
  • Instagram/@whatsapp

VIVA – WhatsApp memiliki 1,5 miliar lebih pengguna aktif setiap bulannya dan tiap harinya 60 miliar pesan dikirim melalui platform milik Facebook tersebut. 

Trafik dan perkembangan WhatsApp itu tak membuat aplikasi itu berhenti berinovasi. Mengingat banyaknya dinamika percakapan di grup WhatsApp, maka aplikasi ini menghadirkan fitur-fitur baru untuk grup.

Laman Express dikutip Kamis 24 Mei 2018 menuliskan, pembaruan ini bisa membuat pengguna merasa nyaman, namun nantinya juga akan ada pengguna yang merasa sebal. 

Obrolan pada grup memungkinkan pengguna yang ada pada grup yang sama untuk melakukan interaksi. Sebagian pengguna tentulah merasa sebal saat notifikasi yang tiada henti datang dari grup WhatsApp.

Untungnya WhatsApp berbaik hati menyediakan beberapa pembaruan terhadap grup WhatsApp, termasuk tanggung jawab dari admin atas apa yang diposting dalam grup.

WhatsApp juga menyikapi dengan fenomena seringnya pengguna tak bisa masuk ke grup setelah keluar dari grup.

"Kami juga menambahkan perlindungan agar para pengguna tidak dapat dimasukkan ke grup berulang kali setelah keluar dari grup tersebut. Fitur-fitur ini tersedia untuk pengguna Android dan iPhone," ujar WhatsApp dalam keterangan di blog perusahaan.  

Berikut pembaharuan grup WhatsApp:

Deskripsi grup

Setiap grup WhatsApp tentulah mempunyai deskripsinya masing-masing. Deskripsi grup bisa diisi dengan keterangan grup, seperti penetapan tujuan, pedoman, dan topik obrolan pada grup tersebut. Nantinya saat anggota baru masuk, deskripsi grup akan muncul di bagian atas obrolan. 

Kendali admin 

Pada setelah atau pengaturan grup, sekarang terdapat kendali yang memungkinkan admin untuk membatasi siapa yang dapat mengubah subjek, ikon, dan deskripsi grup.

Ketinggalan obrolan

Saat Anda sudah terlewat jauh oleh obrolan, maka sekarang tidak perlu khawatir. Di pojok kanan bawah akan ada notifikasi @ yang memungkinkan Anda bisa cepat melihat pesan yang menyebut nama Anda atau membalas pesan Anda. Tombol @ biasanya memang difungsikan untuk menyebut anggota grup atau menanggapi obrolan. 

Cari anggota

Anda dapat mencari anggota grup pada halaman info grup. Temukan siapa saja di dalam grup dengan mencari peserta di halaman info grup

Kekuasaan admin

Admin utama alias pembuat grup dapat mencabut kuasa anggota lain yang juga dinobatkan menjadi admin. Admin utama tidak akan bisa dikeluarkan dari grup.