Tiga Hal Penting Soal Jaringan 5G

Teknologi 5G.
Sumber :
  • Tubefilter

VIVA – Peningkatan jaringan dari 4G ke 5G sangat diperlukan. Alasannya karena jumlah penggunaan jaringan semakin lama semakin banyak, untuk itu memerlukan teknologi baru yang mengakomodasi kebutuhan pengguna. Kebutuhan pengguna dalam koneksi telekomunikasi, di antaranya adalah menginginkan konektivitas yang baik serta cepat dan baterai yang irit. 

Berikut tiga hal ini yang bisa menciptakan konektivitas terbaik dalam suatu jaringan: 

Jangkauan

Jangkauan merupakan area yang mana ada sinyal. Pada jangkauan telekomunikasi kadang terjadi gangguan (noise)

"Kejadian nyata handphone terima sinyal dari BTS, yang enggak ideal banyak noise, gedung, basement banyak manusia. Supaya tetap ideal seperti ini perlu ada teknologi konektivitas lebih baik," kata Senior Manager Marketing Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto, di Jakarta, Kamis 20 Desember 2018. 

Spektrum 

Ada batasan spektrum radio dalam suatu negara, karena pemerintah yang mengatur batasan tersebut. Spektrum yang diatur menjadi terbatas dan tidak bisa ditambahkan lagi. 

"Perlebar 2 lajur jadi 4 tidak bisa diperlebar lagi, tidak mungkin lebih lagi. Itu yang jadi tugas Qualcomm membuat teknologi lebih cepat ngangkut (data) lebih cepat," ujar dia. 

Kapasitas

Dominikus menganalogikan kapasitas sebagai selang air yang jika mengucurkan pada satu ember dan mengalir lebih cepat. Namun jika ‘selang’ tersebut harus digunakan untuk penggunaan lain, konsekuensinya aliran akan menjadi lebih lambat. 

"Meningkatkan kapasitas, harus ada terobosan baru untuk bisa lebih cepat," kata Dominikus. (hd)