Tren Teknologi 2019, Masa Depan AI Hingga Mobil Otonom

Ilustrasi kecerdasan buatan.
Sumber :
  • YouTube/World Economic Forum

VIVA – Sederet tren teknologi diprediksi akan mewarnai tahun 2019. Mengutip laporan Forbes, 31 Desember 2018, berdasarkan Simposium Gartner yang diselenggarakan pekan lalu, perusahaan telah mengidentifikasi sepuluh bidang teknologi strategis pada 2019.

Gartner merupakan korporasi global yang melakukan riset dan konsultasi di bidang Teknologi Informasi, keuangan, dan Sumber Daya Manusia, berbasis di Connecticut, Amerika Serikat.

Berikut ini ringkasannya:

1. Benda-benda otonom
Sebagaimana kecerdasan buatan telah menjadi tren selama beberapa tahun belakangan, di 2019, Artificial Intelligence semakin menjadi otak untuk benda-benda seperti robot, drone, dan kendaraan otonom. AI memberdayakan benda-benda itu untuk berinteraksi dengan lingkungan dan orang-orang secara lebih alami.

2. Augmented Analytics
Gartner melihat Augmented Analytics, yang didefinisikan sebagai pembelajaran mesin untuk mengubah cara konten analitik dikembangkan, dikonsumsi, dan dibagikan dengan cepat melalui adopsi arus utama. Teknologi ini memungkinkan organisasi untuk mengoptimalkan keputusan dan tindakan semua karyawan. Jadi, bukan hanya mengandalkan para analis dan ilmuwan data.

3. Pengalaman Imersif
Pengalaman mendalam mengacu pada semua cara di mana teknologi mengaburkan batas antara dunia fisik dan dunia digital. Dari platform percakapan yang mengubah cara orang berinteraksi dengan dunia digital, menjadi augmented, virtual, dan realitas campuran yang mengubah cara orang memandang dunia digital.

4. Blockchain
Blockchain akan membentuk kembali industri dengan memungkinkan kepercayaan yang terdesentralisasi, memberikan transparansi dan mengurangi gesekan di seluruh ekosistem bisnis.

5. Ruang Pintar
Ruang pintar adalah lingkungan fisik atau digital di mana manusia dan sistem yang didukung teknologi, berinteraksi dalam ekosistem yang semakin terbuka, terhubung, terkoordinasi.

Pertumbuhan tren ruang pintar dapat dilihat melalui kota pintar, tempat kerja digital, rumah pintar, dan pabrik yang saling terhubung.

6. Etika Digital dan Privasi
Ketika dunia kita menjadi semakin digital, etika dan privasi menjadi perhatian yang berkembang bagi individu, organisasi, dan pemerintah. Karenanya, Gartner mengharapkan fokus yang semakin besar pada kepatuhan, mitigasi risiko, dan nilai-nilai di tahun-tahun mendatang.

7. Komputasi Quantum
Sementara komputasi kuantum mungkin tampak seperti teknologi fiksi ilmiah, teknologi ini matang lebih cepat daripada yang disadari kebanyakan orang. Pengembang sekarang dapat membangun dan menjalankan aplikasi komputasi kuantum melalui lingkungan cloud. Para peneliti baru-baru ini membuktikan keunggulan komputer kuantum dibanding komputer klasik. (ann)