10 Years Challenge, Begini Deretan Tampang Bos Teknologi Dunia

10 years challenge Mark Zuckerberg
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Tren 10 years challenge sedang ramai memenuhi media sosial. Tantangan memosting foto jadul dengan foto terkini itu tidak hanya diminati masyarakat umum, bahkan bintang internasional juga turut berpartisipasi.

Namun, ada beberapa tokoh teknologi dunia yang tidak ikut tersorot. Lewat tren ini kita bisa tahu bagaimana mereka menghabiskan masa mudanya.

Berikut adalah lima petinggi teknologi versi VIVA yang diolah dari berbagai sumber seandainya mengikuti 10 years challenge, Jumat 18 Januari 2019:

Steve Jobs

Pada 1974, Steve Jobs bekerja sebagai teknisi di perusahaan game Atari. Dua tahun kemudian, ia bersama pendiri Apple lainnya, Steve Wozniak, membuat produk pertamanya di garasi rumahnya.

Jobs meninggal di usia 56 tahun pada 5 Oktober 2011. Departemen Kesehatan Kota Santa Clara, California yang membuat sertifikat resmi kematiannya menyatakan, Jobs meninggal karena berhenti bernapas akibat kanker pankreas.

Bill Gates

Tidak terbayang bukan jika manusia cerdas seperti Bill Gates memutuskan drop out dari Harvard University pada usia 20-an. Namun, keputusannya itu bukanlah untuk kepentingan dirinya saja. Ia kemudian mengembangkan Microsoft hingga saat ini memiliki nama di kalangan software komputer terbesar di dunia.

Gates kemudian meninggalkan Microsoft pada 2008. Ia memutuskan untuk fokus pada yayasan amal terbesar di dunia yang dibangunnya pada 1994, Bill and Melinda Gates Foundation.

Mark Zuckerberg

Milenial mana yang tak kenal sosok Mark Zuckerberg? Ia adalah pendiri Facebook yang saat ini bisa kita sebut memiliki sebuah kerajaan. Facebook telah memiliki Instagram dan WhatsApp. Semasa muda Zuckerberg belajar di Harvard University jurusan Ilmu Komputer.

Tahun ini, bos Facebook itu memiliki resolusi untuk mengikuti dan menjalankan debat, serta diskusi publik mengenai teknologi di masa depan.

Leonard Kleinrock

Ia adalah sosok yang menemukan dan mengembangkan internet, yang membawa manusia ke era kecanggihan. Leonard Kelinrock menempuh pendidikan yang fokus terhadap bidang teknologi, Bronx High School of Science pada 1951.

Kemudian, ia mengajar di Universitas California Los Angeles (UCLA) dan diangkat menjadi profesor Ilmu Komputer di jurusan Teknik dan Sains. Tepat pada momen itu ia semakin tahu apa yang ingin dilakukan, hingga lahirlah internet.

Elon Musk

Elon Musk menjadi salah satu tokoh yang harus kita ketahui juga bagaimana dirinya menjalankan masa mudanya. Pendiri SpaceX ini lahir pada 1971, malangnya Musk kecil diolok-olok karena dianggap memiliki nama yang aneh.

Ketika masih berusia 12 tahun, ia menghasilkan uang US$500 karena menjual kode video game Blaster ke majalah komputer. Kemudian pada 1995, pertama kalinya ia mendirikan startup, Zip2 Corp. Musk juga diketahui pernah berkencan dengan mantan istri Johnny Deep, Amber Heard.