Toyota Siap Kirim Kendaraan ke Bulan, Begini Tampangnya

Konsep kendaraan Toyota untuk penjelajah Bulan
Sumber :
  • www.metro.co.uk/Toyota

VIVA – Badan Antariksa Jepang atau JAXA ingin pabrikan mobil Toyota membuat kendaraan penjelajah tanpa awak, yang siap mendarat di Bulan pada 2029. Kendaraan roda enam ini akan beroperasi menggunakan tenaga surya dan mengangkut dua astronaut.

Dilansir dari laman Metro, Rabu 13 Maret 2019, jarak yang ditempuh kendaraan ini bisa lebih dari 10.000 kilometer. Idealnya kendaraan akan dikirim sendiri dengan pesawat. Kemudian secara otomatis kendaraan otonom itu akan melakukan perjalanan untuk bertemu astronaut yang berada di satelit alami Bumi itu.

Presiden Toyota, Akio Toyoda mengatakan, industri otomotif telah lama berbisnis untuk menghadirkan produk di Bumi dan sudah saatnya untuk menyambut tantangan menghadirkan produk skala luar Bumi.

“Saya percaya bahwa industri kita terus-menerus memikirkan peran apa yang harus dipenuhi. Kini kami memiliki aspirasi yang sama, ialah untuk mengeksplorasi ruang angkasa. Saya sangat senang karena proyek ini melibatkan teknologi mengemudi Toyota dan teknologi bahan bakar lingkungan," ujarnya.

Konsep yang dimiliki Toyota sedang dipelajari oleh JAXA. Kendaraan ini memiliki ukuran 6 x 5,3 meter dengan tinggi 3,8 meter. Kendaraan cukup untuk dua orang, namun dalam keadaan darurat bisa menampung empat orang. Konsep kendaraan ini telah mereka pelajari sejak Mei 2018. 

Bulan memiliki tantangan khusus untuk semua kendaraan. Gravitasinya seperenam Bumi, dan permukaannya bervariasi, ada kawah, tebing dan bukit. Radiasi dan kondisi suhunya jauh lebih keras daripada Bumi. (mus)