Oppo Dominasi Daftar Ponsel Terlaris Sepanjang 2018 di China

Oppo R15x
Sumber :
  • GSM Arena

VIVA – Perusahaan riset teknologi, Counterpoint, mengatakan, muncul perubahan pasar smartphone pada 2018. Secara khusus, lembaga riset itu mengamati China sebagai pasar ponsel pintar terbesar di dunia. 

Dilansir dari laman resmi Counterpoint Research, Selasa 7 Mei 2019, lembaga riset tersebut menunjukkan, lima model smartphone Oppo masuk dalam 10 besar ponsel terlaris. Penjualan tertinggi nomor satu dipegang oleh Oppo R15.

Empat model Oppo lainnya yang masuk dalam daftar ponsel terlaris yaitu Oppo A5 yang berada di peringkat ketiga, Oppo A83 di peringkat keempat, Oppo A73 di peringkat kedelapan, dan Oppo R11s di peringkat kesepuluh. Khusus untuk Oppo A5, smartphone ini baru saja dirilis paruh kedua tahun lalu, namun sudah bisa menembus tiga besar terlaris untuk pasar China. 

Sementara itu, Apple menyumbangkan dua model smartphone dalam daftar produk terlaris di pasar China. Dua produk yang dimaksud yakni iPhone X yang berada di peringkat kedua dan di peringkat enam ada iPhone 8 Plus. Smartphone laris lainnya yakni Vivo X21 (peringkat lima), Vivo Y85 (peringkat tujuh), dan Xiaomi Redmi 5 Plus (peringkat sembilan). 

Tak ada nama Huawei maupun Honor dalam daftar tersebut. Padahal, perusahaan asal China itu memimpin penjualan pada pasar ponsel 2018. 

Untuk pasar global, Counterpoint mencatat, enam model Apple mendominasi 10 besar ponsel terlaris sepanjang 2018. iPhone X menduduki peringkat pertama untuk daftar ponsel terlaris. 

Model Apple lainnya yang masuk 10 besar adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone Xs Max, dan iPhone Xr. 

Pada 2017, iPhone X, iPhone 8 dan 8 Plus terjual bersamaan hampir 100 juta unit. Untuk produk baru yaitu iPhone Xs Max dan iPhone XR masing-masing terjual lebih dari 16 juta unit. 

Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus mendapatkan banyak perhatian pada negara maju khususnya di Amerika Utara dan Eropa. Dua ponsel tersebut masing-masing berada di peringkat keenam dan kesembilan dalam daftar 10 besar ponsel terlaris tingkat global. 

Selanjutnya, Samsung Galaxy J6 yang harganya sekitar Rp2,7 jutaan juga masuk dalam daftar dan menempati posisi buncit. Xiaomi hanya menyumbangkan satu model yakni Xiaomi Redmi 5A yang terjual hampir 20 juta pada 2018. Ponsel itu mendapatkan tempat untuk pasar low-end di Indonesia serta India. 

Sama seperti di pasar China, Huawei juga tak masuk dalam 10 besar. Padahal Huawei memiliki model dengan penjualan terbaik seperti Huawei P20 lite yang dijual lebih dari 12 juta unit.